Sunday, 23 September 2018

Bertahun-tahun Gedung SDN Kalianyar Indramayu Dibiarkan Rusak

Senin, 24 Oktober 2016 — 12:53 WIB
Kondisi SDN Kalianyar 3 yang rusak belum diperbaiki. (taryani).

Kondisi SDN Kalianyar 3 yang rusak belum diperbaiki. (taryani).

INDRAMAYU (Pos Kota) – Bangunan Gedung SDN Kalianyar 3  di Desa Kalianyar, Kecamatan Krangkeng, Kabupaten Indramayu,   kondisinya  memprihatinkan, berbagai sisi rusa, dan sampai sekarang  belum diperbaiki.

Padahal, para orang tua murid sudah  lama berharap, agar  bangunan sekolah tempat  putra-putri mereka menuntut ilmu yang kini rusak itu segera diperbaiki. Sudah bertahun-tahun permintaan mereka diacuhkan Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu. Sehingga  bangunan sekolah itu semakin bertambah rusak dan mengganggu kegiatan belajar mengajar murid dan guru.

“Kami wali murid SDN Kalianyar 3 meminta Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu segera memperbaiki bangunan sekolah yang sudah lama rusak dan dikhawatirkan ambruk,” kata Dalil, 48 warga Desa Kalianyar kepada Pos Kota.

Dalil mengemukakan, Pemerintah Kabupaten Indramayu melalui Dinas Pendidikan setiap tahun selalu menganggarkan rehab SD yang rusak. Tetapi kenapa bangunan SD Kalianyar 3 yang sudah lama rusak,  bahkan rapuh hingga nyaris ambruk itu belum juga diperbaiki.

“Sudah cukup lama wali murid mengharapkan bangunan SDN Kalianyar 3 itu segera diperbaiki,  tetapi nampaknya dianaktirikan,  sehingga usulan wali murid selalu dikesampingkan,” katanya.

Kerusakan SDN Kalianyar 3  menimpa tembok-tembok  ruang kelas   yang  ambrol, sehingga tidak nyaman digunakan sebagai tempat belajar. “Orang lain pasti akan merasa trenyuh  melihat tembok-tembok ruang kelas SDN Kalianyar 3 sebagai tempat belajar ratusan murid itu ambrol,” katanya.

Tak hanya tembok-tembok ruang belajar yang ambrol, tembok depan sekolah pun sudah terkelupas,  karena sudah terlalu lama tak diperbaiki. Kerusakan juga melanda sejumlah pintu ruang kelas. Ada engsel pintu yang lepas. Ada juga triplek pintu yang berlubang. “Sebagai masyarakat kami merasa sangat memprihatinkan,” ujar Ny.Eri, 47 warga Desa Kalianyar  yang lain.

Sejumlah jendela juga terlihat tembus pandang, karena kaca-kacanya pecah. Keramik lantai ruang belajar  SDN 3 Kalianyar pecah-pecah. Plafon asbes di teras bangunan SD Kalianyar 3 banyak yang  bolong-bolong. Papan  nama sekolah  rusak. “Kondisi seperti itu sangat mengganggu  aktivitas belajar mengajar,” ujarnya.

Kabid Pendidikan Dasar paad Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu, Drs.H.Djahirin akan menampung aspirasi masyarakat juga wali murid SDN Kalianayr 3 yang mengharapkan bangunan sekolahnya diperbaiki. Setelah anggarannya memungkinkan katanya, Dinas Pendidikan Kabupaten  Indramayu akan segera memperbaiki bangunan sekolah itu. (taryani/win)