Tuesday, 22 May 2018

Mendagri: Plt Gubernur DKI Bisa Sahkan APBD 2017

Senin, 24 Oktober 2016 — 18:36 WIB
Mendagri Tjahjo Kumolo (Joko)

Mendagri Tjahjo Kumolo (Joko)

JAKARTA (Pos Kota) – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta sehari lagi harus ditetapkan. Tapi Mendagri Tjahjo Kumolo belum mau menyebut nama calon pengganti sementara Basuki Tjahaja Purnama itu.

“Yang jelas dia punya track record dari bawah dan paham soal daerah,” ujar Tjahjo usai menghadiri acara penetapan peserta Pilkada DKI di Balai Sudirman, Manggarai, Senin (24/10).

Tjahjo tak mau menyebut sekarang siapa calon pengganti gubernur selama Ahok menjalani cuti kampanye mulai 28 Oktober sampai 11 Februari 2017. “Yang jelas, Plt akan dilantik Rabu di Balaikota DKI Jakarta. Jadi, hari Selasa kami akan menghubungi calon tersebut untuk persiapan pelantikan,” tambahnya.

Kemungkinan Sekda DKI Saefullah yang akan jadi Plt, Tjahjo tidak mau menyebut. “Yang jelas calon Plt adalah pejabat eselon I yang punya banyak pengalaman, mampu melakukan tata kelola pemerintah dengan baik, hubungan dengan pusat juga baik, serta paham soal anggaran,” paparnya.

Meski hanya sebagai pejabat Plt, Tjahjo menjamin bahwa Plt punya hak sama dengan pejabat definitif soal penganggaran. “Tidak ada masalah soal pengesahan APBD DKI 2017 yang akan ditandatangani Plt, karena dia punya hak yang sama dengan gubernur tetap,” ujar Tjahjo. (Joko)