Sunday, 25 June 2017

Panglima TNI: Laporkan Kalau Ada Anggota TNI Pungli

Senin, 24 Oktober 2016 — 23:26 WIB
tni1

JAKARTA (Pos Kota) –Panglima TNI Jenderal gatot Nurmatyo meminta masyarakat melaporkan bila ada anggota TNI yang melakukan pungutan liar (pungli).

“Saya ingatkan bagi anggota TNI, tidak ada satupun yang terlibat Pungli, apabila ada anggota TNI yang terlibat agar masyarakat segera lapor kepada aparat satuan terdekat,” kata

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo saat memberikan pengarahan kepada 129 Pati TNI di Aula A.H. Nasution, Mabesad, Jakarta Pusat, Senin (24/10/2016), usai mengikuti Rapat Koordinasi yang di pimpin Presiden RI Ir. H. Joko Widodo di Istana Negara.

Dalam pengarahannya Panglima menyampaikan bahwa, Perpres Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli), sudah ditandatangani Presiden. Dalam Perpres tersebut, Satgas Saber Pungli bertugas untuk memberantas praktek pungutan liar secara efektif dan efisien.

“Prajurit TNI agar bantu pemberantasan Pungli, lakukan langkah-langkah konkrit, apa yang disampaikan Presiden sebagai Panglima Tertinggi tentang Pungli itu adalah perintah,” tegasnya.

Satgas Saber Pungli memiliki empat fungsi, yakni intelejen, pencegahan, penindakan serta yustisi. Dalam melaksanakan tugas dan fungsi, Satgas Saber Pungli mempunyai wewenang melakukan operasi tangkap tangan. “Buat program unggulan untuk memutus praktek Pungli sehingga ekonomi bergerak dengan baik dan stabilitas keamanan terjaga,” imbuhnya.(us)