Thursday, 22 February 2018

Kata Ahok Sekjen Kemendagri Sibuk, Plt Gubernur DKI Soni Sumarsono?

Rabu, 26 Oktober 2016 — 10:27 WIB
Soni Sumarsono

Soni Sumarsono

JAKARTA (Pos Kota) – Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta diumumkan Mendagri Tjahjo Kumolo, Rabu (26/10/2016). Yang diumumkan Mendagri siang ini adalah Plt Gubernur Banten dan DKI Jakarta. Lalu siapa  nama yang dittunjuk sebagai Plt Gubernur DKI Jakarta?

Isu yang berkembang, ada dua nama yang disebut-sebut akan ditunjuk jadi Plt. Yakni, Yuswandi  Tumenggung dan Soni Sumarsono. Yuswandi sejauh ini menjabat sebagai orang kedua di Kemendagri, yakni menjadi Sekjen Kemendagri sedangkan Somni Sumarsono adalah Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri . Keduanya adalah dalam jabatan yang mumpuni untuk jadi Plt gubernur.

Sesuai dengan peraturan dan Undang-Undang maka calon petahana ini harus cuti sejak ditetapkan sebagai cagub-cawagub. Guna mengisi kekosongan jabatan, Mendagri Tjahjo Kumolo akan menunjuk pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, sesuai dengan Permendagri  No 74/2016 tentang Cuti di Luar Tanggungan Negara bagi Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Pada Pasal 4 ayat 1 tertulis, selama Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota menjalani cuti di luar tanggungan negara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3, ditunjuk Plt Gubernur, Plt Bupati, dan Plt Wali Kota sampai selesainya masa kampanye.

Dijelaskan lebih lanjut, pada ayat 2 berbunyi, Plt Gubernur sebagaimana dimaksud pada ayat 1 berasal dari pejabat pimpinan tinggi madya Kementerian Dalam Negeri atau Pemerintah Daerah Provinsi.

Untuk mengisi Plt Gubernur DKI, Mendagri Tjahjo Kumolo mengaku telah mempertimbangkan dua nama tersebut. Namun, pendapat lain dari Ahok (Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama yang harus cuti).  Meski beredar kabar adanya nama dari Sekjen Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), ia mengisyarakatan dirinya tidak setuju. Ahok menyebut tak akan mungkin, karena Sekjen sibuk.

“Saya nggak tahu biasanya nggak mungkin Sekjen, Sekjen terlalu sibuk. Logikanya pasti bukan Sekjen,” ujar Ahok yang mantan Bupati Bangka Belitung itu.

Jadi, apakah nanti yang ditunjuk jadi Plt Gubernur DKI Soni Sumarsono ? Kemungkinan besar jatuh kepadanya. Namun, ada selentingan juga, Sekda DKI Jakarata Saefullah yang akan mengembannyak. Hanya saja, nama ini sempat berkonflik dengan Ahok, sehingga membuat kans dia berkurang. (*/win)