Tuesday, 14 August 2018

Mendagri Tunjuk Sumarsono Jadi Plt Gubernur DKI

Rabu, 26 Oktober 2016 — 14:31 WIB
Soni Sumarsono

Soni Sumarsono

JAKARTA (Pos Kota) – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo secara resmi menunjuk Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri,  Sony Sumarsono sebagai Pelaksana Tugas (Plt) menggantikan gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) selama menjalani masa cuti kampanye.

Peresmian Plt digelar di Gedung Sasana Bhakti Praja Kemendagri Jalan Medan Merdeka Utara No. 7 Jakarta Pusat, Rabu (26/10/2016).

Sumarsono merupakan salah satu pejabat Eselon I Kementerian Dalam Negeri. Pria yang kelahiran 22 Februari 1959 ini adalah lulusan dari Universitas Gajah Mada.

plt gubernur(rihadin)

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memimpin acara peresmian pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta dan Gubernur Banten di Kantor Kemendagri (rihadin)

Ia pernah memegang beberapa jabatan yang cukup strategis, diantaranya, Direktur Keserasian Pembangunan Daerah, Direktur Pengembangan Wilayah dan Sekretaris Direktorat Jenderal Bangda Kementerian Dalam Negeri, Direktur Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat pada Direktorat Jenderal PMD Kemdagri, Direktur Penataan Daerah dan Otonomi Khusus pada Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, dan ASDEP Pengelolaan Lintas Batas Negara dan Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara (BNPP).

Sumarsono juga disebut pernah menjadi Pejabat Gubernur Sulawesi Utara pada 20 September 2015 – 12 Februari 2016 saat pelaksanaan pemungutan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Sulut yang akan dilaksanakan secara serentak dengan 268 daerah lainnya pada 9 Desember 2015.

(ikbal/sir)