Friday, 17 November 2017

Koarmabar Amankan Kapal Muat Bawang Merah Tanpa Dokumen

Kamis, 27 Oktober 2016 — 15:26 WIB
Lanal Palembang mengamankan sebuah kapal bermuatan bawang meram tanpa dilengkapi dokumen di perairan Sungai Batanghari, Jambi.

Lanal Palembang mengamankan sebuah kapal bermuatan bawang meram tanpa dilengkapi dokumen di perairan Sungai Batanghari, Jambi.

JAKARTA (Pos Kota) – Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Palembang salah satu pangkalan di bawah jajaran Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) berhasil mengamankan sebuah kapal bermuatan bawang merah tanpa dilengkapi dokumen di perairan Sungai Batanghari, Jambi.

Kronologis kejadian berawal saat personel Pos Pengamat (Posmat) Simpang Tua Jambi Lanal Palembang sedang melaksanakan patroli di wilayah perairan Sungai Batanghari melihat adanya sebuah kapal yang melakukan olah gerak mencurigakan. Selanjutnya personel Pos Pengamat (Posmat) Simpang Tua Jambi mendekati kapal tersebut dan melaksanakan pemeriksaan serta penggeledahan.

Dari hasil pemeriksaan diketahui kapal tersebut bernama KM. Srijaya jenis Kapal Motor dengan bobot 16 Gross Ton berbendera Indonesia yang dinakhodai Idrus beserta 4 orang anak buah kapal (ABK). Setelah dilaksanakan pemeriksaan dan penggeledahan lebih lanjut, KM. Srijaya didapati membawa muatan barang Sembako dan bawang merah kurang lebih 17.000 kg (2000 karung) tanpa manifest.

Adapun dugaan pelanggaran yang ditemukan adalah KM. Srijaya yang berlayar dari Tanjungpinang tujuan Pulau Burung Dabo Singkep dan Jambi tidak dilengkapi SPB dan ABK yang berada diatas kapal 5 orang sedangkan yang terdaftar di Crew List hanya 4 orang.

Berdasarkan pelanggaran tersebut, KM. Srijaya beserta nakhoda, ABK dan muatannya dibawa menuju ke Posmat Simpang Tua Jambi guna dilakukan proses penyelidikan lebih lanjut. (dispenarmabar/sir)