Wednesday, 21 November 2018

400 Qori dan Qoriah Ikuti MTQ Tingkat Kota Tangsel

Jumat, 28 Oktober 2016 — 9:09 WIB
Ribuan peserta MTQ ke VII tingkat Kota Tangsel saat pawai taaruf di Pondok Aren. (anton)

Ribuan peserta MTQ ke VII tingkat Kota Tangsel saat pawai taaruf di Pondok Aren. (anton)

TANGERANG (Pos Kota) – Sekitar 10 ribu warga dari tujuh kecamatan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengikuti pawai taaruf pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kota Tangsel ke VII. Mereka melakukan pawai dengan berjalan kaki tanpa ada satu mobil hias pun mengiringin kegiatan tersebut.

“Lebih enak jalan kaki sehingga dapat bertatap muka langsung serta ngobrol dengan warga Kota Tangsel lainnya yang menyambut dipinggir jalan,” kata Hertianingsih, peserta MTQ asal Kecamatan Serpong, di kawasan Kecamatan Pondok Aren.

Tak hanya dapat ngobrol dan bersenda gurau tapi sebagian malah banyak yang berfoto bersama dengan peserta lainnya. Terlebih sebagian besar peserta MTQ ke VII yang akan dilaksanakan di kawasan Pondok Aren banyak memiliki keluarga serta teman di wilayah ini.

Sementara itu, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany didampingi Wakil Walikota Benyamin davnie dan Kapolres Tangsel Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Ayi Supardan, mengatakan kegiatan pembukaan dan pawai taaruf MTQ ke VII yang dilakukan tanpa satu pun kendaraan mobil hias selain menghindari kemacetan dan antrean kendaraan juga menjadi salah satu kegiatan penghematan anggaran.

“Jelas sangat menghemat anggaran soalnya jika pakai mobil hias tentunya satu mobil hias membutuhkan dana sekitar Rp 5 juta kalau jumlahnya cukup banyak malah terkesan mubazir,” ujarnya yang berharap para qori adan qoriah yang akan menggikuti lomba untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin agar menjadi juara.

Kegiatan ini tentunya menjadi salah satu pencarian bibit qori dan qoriah terbaik yang akan mewakili Kota Tangsel dalam berbagai event MTQ mulai dari tingkat kabupaten, propinsi, nasional maupun internasional, katanya.

MENGINAP DI RUMAH WARGA

Sementara itu, Sekretaris Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Tangsel, Abdul Rojak, mengakui kegiatan pawai pembukaan MTQ ke VII tingkat Kota Tangsel sejauh 2,2 Km berbeda dengan tahun sebelumnya karena dilakukan pagi hingga siang hari serta tanpa adanya mobil hias dari sejumlah kontingen peserta.

Kegiatan MTQ ini akan diikuti sekitar 400 lebih qori dan qoriah di 11 cabang perlombaan dengan 125 orang dewan hakim atua juri, tuturnya yang mengaku seluruh qori dan qoriah yang bertanding akan menginap di 12 titik lokasi penampungan rumah warga di sekitar Kecamatan Pondok Aren yang telah disiapkan panitia.

(anton/sir)