Wednesday, 19 September 2018

BNN Ungkap Penyelundupan Narkoba, Satu Pelaku Ditembak Mati

Jumat, 28 Oktober 2016 — 13:33 WIB
Kepala Badan Narkoba Nasional (BNN), Komjen Budi Waseo (Buwas)

Kepala Badan Narkoba Nasional (BNN), Komjen Budi Waseo (Buwas)

JAKARTA (Pos Kota) – Petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) mengagalkan upaya penyelundupan narkoba sebanyak 39 kilogram shabu, 98.690 butir ekstasi, dan 50.000 H5. Seorang pelaku ditembak mati petugas dan dua lainnya dapat diringkus dalam pengungkapan tersebut.

Kepala BNN, Komjen Budi Waseso mengatakan, pelaku merupakan jaringan Malaysia yang berupaya masuk memasukan barang haram ke Indonesia. “Kali ini kami mengungkap penyelundupan narkotika sebanyak 39 kilogram shabu, 98.690 butir ekstasi, dan 50.000 H5,” katanya dalam jumpa pers di Cawang, Jakarta Timur, Jumat (28/10).

Dikatakan Buwas, dari pengungkapan awal itu, pihaknya langsung melakukan pengembangan pada kasus tersebut. Dimana petugas menangkap dua pelaku berinisial IW, 33 dan AM, 54, di Kompleks, Perumahan Imperium Lingkungan, Medan Sumatera Utara, Selasa (18/10) lalu. “Satu pelaku lain berinisial JUM tewas karena melawan petugas saat akan ditangkap,” ujarnya.

Dari hasil pemeriksaan petugas BNN, kata Buwas, diketahui kedua tersangka termasuk kedalam sindikat narkotika internasional Aceh-Malaysia. Narkotika tersebut akan rencananya akan diserahkan kepada para pembeli yang sudah memesannya, kebeberapa wilayah di Indonesia. “Salah satu pelaku yang ditembak mati, diketahui sebagai otak peredaran narkotika di sejumlah wilayah Indonesia,” tambah Buwas.

Kedua pelaku yang diamankan, saat ini mendekam di ruang tahanan Badan Narkotika Nasional. Keduanya terancam Pasal 114 ayat 2, 112 ayat 2 Jo Pasal 132 ayat 1 UU no 35 tahun 2009 tentang narkotika.”Dengan ancaman hukuman mati,” pungkasnya.
(ifand/sir)