Monday, 24 September 2018

Ini Tips Membeli Mobil Bekas Taksi

Selasa, 1 November 2016 — 9:05 WIB
mobil bekas

ANGGAPAN mobil bekas taksi merupakan kendaraan yang tidak layak dibeli pada kenyataan tidak sepenuhnya benar, juga tidak sepenuhnya salah. Asalkan, mobil berasal dari armada terpercaya yang rutin melakukan pengecekan berkala.

Tidak ada salahnya anda mencoba mendatangi pool taksi tersebut. Namun sebagai konsumen, haruslah lebih cekatan melakukan pengecekan terhadap mobil yang akan ditebus.

Mobil yang ditawarkan adalah jenis sedan Toyota Limo (versi terbawah Vios) atau bahkan mobil mewah seperti Mercedes-Benz.

Seorang mekanik pool Blue Bird, Narsit, bersedia untuk sedikit berbagi kiat-kiat membeli mobil bekas taksi.

1.Memeriksa Kelengkapan Surat Kendaraan, cocokan dengan nomor mesin dan rangka

STNK dan BPKB merupakan hal pertama yang harus anda tanyakan. Biasanya pihak armada taksi sudah melakukan pergantian dari plat kuning menjadi hitam. Periksa juga keabsahan surat dan pajak kendaraan serta cocokan nomor yang tertera di surat dengan nomor mesin dan rangka.

Siapkan pula budget tambahan untuk proses balik nama dari perusahaan menjadi nama pemilik baru.

2.Periksa Kondisi Mesin

Rata-rata mobil bekas taksi menembus medan berat dan jauh pada masa baktinya. Jadi sebagai konsumen, harus memeriksa kondisi mesin sekalipun mobil taksi dari armada yang terpercaya. Pastikan tidak ada bagian yang bocor atau penyok. Minta juga riwayat service berkala dari mobil pada saat masih beroperasi untuk memastikan apakah unit terawat dengan baik atau tidak.

3.Cek Kondisi Body dan Kaki-kaki Mobil

Amati kondisi body mobil apakah pengecatan dilakukan dengan rapi tanpa menyisakan warna lama bekas armada. Pastikan juga tidak ada lubang bekas “topi taksi” yang dahulu terpasang di bagian atas mobil.

Untuk kaki-kaki mobil atau As roda. Tidak semua sopir taksi memiliki kehandalan dan kesabaran yang sama menurut Narsit. Jika pada jalan berlubang, ada sopir yang langsung menghantam lubang tanpa memikirkan kondisi kaki-kaki mobil. Untuk mobil jenis sedan taksi yang menembus medan berat, perlu perhatian khusus di sisi kaki-kaki. Bila menemukan kerusakan yang terbilang parah, jangan sungkan untuk menolak unit.

4.Tanyakan Riwayat Unit

Menyangkut point ke 3, tanyakan riwayat mobil taksi yang akan anda beli apakah pernah mengalami kecelakaan atau tidak dan kilometer terakhir. Odometer mobil bekas taksi umumnya sangat tinggi namun tidak semua unit memiliki jumlah odometer yang sama. Semakin tinggi, akan semakin banyak pula biaya tambahan yang harus anda keluarkan pasca membeli mobil.

5.Periksa Kelayakan Head Unit atau Dashboard

Ketika Anda memeriksa bagian kabin mobil, cobalah satu per satu fungsi yang tersedia pada headunit mulai dari setir, pendingin udara, power window, termostat, hazzard button, dan radio tape (operasional)

6.Lakukan Test Drive

Mintalah kepada pihak pool taksi untuk melakukan test drive atau percobaan untuk merasakan nyaman atau tidaknya unit. Bila perlu coba di jalan bebas hambatan atau tol karena mobil dapat di dibuktikan kelayakannya pada kecepatan tinggi. Juga jangan lewatkan untuk memperhatikan kondisi rem dan fungsi lampu (terutama jika melakukan pengecekan pada malam hari).

Para konsumen sekalian, telitilah sebelum membeli!

(MO4/sir)