Thursday, 22 August 2019

Kamis-Pahing Neptu Agus Yudhoyono, Yuk Kita Lihat Primbonnya

Kamis, 3 November 2016 — 22:24 WIB
Agus(instagram agusyudhoyono)

TERNYATA, Kamis-Pahing ini merupakan hari neptu (nepton) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), calon Gubernur DKI Jakarta, nomor urut 1.  Dia lahir pada 10 Agustus 1978, kalau dicocokkan berdasar hitungan pawukon, bertepatan dengan Kamis Pahing.

Dalam hitungan pawukon dan primbon Jawa, Kamis-Pahing mempunyai neptu, Kamis 8, Pahing 9. Kalau ditotal 17. Bagi orang Jawa, neptu hari lahir itu, konon menjadi salah satu cara untuk melihat karakter sesorang.

Dengan neptu Kamis-Pahing, dalam primbon terkenal Betaljemur Adammakna, di antaranya terungkap : pendiam, tidak banyak berpikir, bekerja dengan sungguh-sungguh, menjadi priyayi, dicintai bangsawan, pekerjaan cukupan.

Sementara itu, menurut pakar pranoto mongso (horoskop) Jawa, Ki Hudoyo Doyodipuro, Occ, orang yang lahir dengan neptu Kamis-Pahing,  memiliki cita-cita yang besar disertai semangat baja untuk mewujudkannya. “Anda selalu siaga mencari kesempatan untuk memajukan kepentingan anda,” ungkapnya.

Khusus dalam pergaulan Anda, suatu dorongan untuk membantah tanpa lebih dahulu mengatur pikiran dan kata-kata mungkin akan dapat membuat orang lain merasa tidak dihargai. Cara penyampaian anda sangat berpengaruh di sini.

Ditambahkannya, orang yang lahir pada rentang 3 – 25 Agustus, termasuk Agus Harimurti, masuk dalam Mongso Karo (Kedua). Pranata Mangsa Karo dalam pranatan Horoskop Jawa  orbitnya selama 23 hari. Beredar di langit sebelah Tenggara dalam pengaruh Batara Sakri. Musim Kemarau.

Orang yang di bawah naungan Batara Sakri pun akan sama segala-galanya dengan Batara tersebut. Baik sifat, watak, perbuatan, dan kemauannya. Karena daya kosmis yang terpancar sejak jabang bayi terlahir, maka daya kosmis yang telah terpengaruh oleh daya gaib Batara Sakri. Terpadulah daya hidup dan menghidupkan dalam diri jabang bayi tadi sebagai Batara Sakri yang terlahir di Bumi.

Bukan orang Karo kalau dia termenung di rumah, karena sifat orang kelahiran Mongso karo ini selalu bergerak lincah dan tidak mau berhenti. Maka diibaratkan bak “Badai dan Pancawarna menerjang alam, selalu bergerak cepat dan luas pandangannya, tetapi lembut hati”.

Orang yang terlahir dalam Mongso Karo ini mempunyai prinsip hidup “Kejujuran”. Di samping itu dia juga mempunyai sifat dan kepribadian yang kuat. Dia tak pernah melakukan “lempar batu sembunyi tangan”.

Apapun yang dia lakukan kalau ini salah maka dia berani untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya itu. Dia mempunyai kekuatan yang luar biasa, baik kekuatan fisik maupun kekuatan rohani. Dia selalu mengambil barisan paling depan dalam membela kebenaran, dan membela kawan-kawannya.

Senang berterus terang, menegur seseorang dengan terus terang. Tanpa rasa takut, kalau sampai orang yang ditegurnya menjadi marah. Ditilik dari sikapnya itu, bisa digambarkan bahwa orang kelahiran mongso Karo ini dapatlah ditampilkan sebagai calon pemimpin besar yang selalu membela keadilan dan kebenaran.

Orang kelahiran Mongso Karo ini jarang marah, bukan berarti dia tidak dapat marah. Tetapi dia adalah orang yang berkepribadian kuat, maka kuat pula mengekang amarahnya. Tetapi bila dia sudah marah, akan marah sekali. Orang yang lahir mongso Karo ini pada umumnya tubuhnya kuat, jarang sakit. Tetapi kalau jatuh sakit, akan sulit disembuhkan. Maka harus selalu menjaga kesehatan.

POSTUR TUBUH

Orang yang terlahir pada Mangsa Karo mempunyai postur tubuh yang tegap, tinggi besar dengan bahu bidang, tangan dan kaki yang kokoh. Raut muka bulat telur, dengan bentuk kepala bulat. Matanya selalu mengkilat memancarkan sinar optimis dan kegembiraan.

Dalam keberanian, maka orang kelahiran mongso Karo ini tidak diragukan lagi. Begitu pula dia selalu tampil di muka sebagai orang yang berani menghadapi segala rintangan. Matanya berbinar-binar, menandakan kejujuran dan rasa optimis. Dapat maju sebagai pemimpin yang sukses dan sebagai panutan. Ciri khas lainnya terletak pada bibir, bibir atas lebih tebal.

CIRI KHAS

Ciri khas yang menonjol bagi orang kelahiran mongso Karo ialah selalu berterus terang. Dia merasa muak dengan segala tipu daya dan kejahatan. Tetapi dia sendiri terkadang bisa kena tipu daya orang. Karena sifatnya yang mudah mempercayai seseorang.  Ada pula ciri khas tentang selera, orang kelahiran mongso Karo sangat menyukai makanan yang enak.

Dalam pergaulan di masyarakat dia selalu tampak menonjol. Bukannya karena menonjolkan diri, tetapi dia selalu tampil ke muka kalau diperlukan. Hal itu karena sikapnya yang terbuka dan senang menolong sesama. Maka tidaklah luput kalau di dalam perkumpulan apa pun dia selalu terpilih sebagai ketua atau pemimpin kumpulan itu.

IKATAN PERSAHABATAN
Pada umumnya orang kelahiran mongso Karo (3 Agustus – 25 Agustus) mempunyai sifat supel dan tidak mudah marah. Sehingga dia mempunyai kawan yang cukup banyak dari berbagai kalangan.

Walaupun kawan-kawannya banyak, tetapi hanya ada beberapa orang saja yang benar-benar cocok dengannya. Mereka itu adalah orang-orang yang terlahir khususnya pada mongso Kasadasa (27 Maret – 19 April).  Dengan adanya kecocokan itu maka dalam persahabatan akan mendatangkan suatu yang menguntungkan baginya dan tidak akan mengalami kerepotan dikemudian hari.

PEKERJAAN YANG COCOK

Adalah orang yang terlahir pada Mongso Karo hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Mereka ini mengutamakan pikiran, punya kemauan yang keras dan keberanian. Maka yang paling cocok adalah sebagai aparat pemerintah, penegak hukum atau prajurit.(win)