Saturday, 25 November 2017

Terkait TKI Ilegal, Dua Warga Jakarta Ditangkap di Lampung

Kamis, 3 November 2016 — 17:17 WIB
suami-istri-ditangkap

LAMPUNG (Pos Kota) – Terkait kasus TKI ilegal Polda Lampung kembali menangkap dua warga Jakarta yang diduga sebagai agen pembuat paspor dengan modus pemalsuan identitas calon pembuat paspor yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Direktur Kriminal Umum Polda Lampung, Kombes Pol. Zarialdi membenarkan dua warga Jakarta itu diduga merupakan agen atau biro membuat paspor dengan memalsukan identitas palsu dari seluruh provinsi. “Keduanya bukan warga Lampung melainkan warga dari Jawa,”kata Zarialdi pada Kamis (3/11) siang.

Adapun penangkapan terhadap kedua tersangka berjenis kelamin laki-laki dan perempuan itu merupakan hasil pengembangan dari WD warga Bandar Lampung, tersangka rekayasa pembuatan paspor terhadap puluhan wanita dari berbagai daerah di Indonesia yang akan di berangkatkan sebagai tenaga kerja Indonesia (TKI) yang berhasil di gagal oleh petugas Subdit IV Renakta Kriminal Umum Polda Lampung pada waktu lalu.

“Tersangka WD memalsukan identitas calon TKI dan merekayasa tujuan pembuatan paspor bukan sebagai TKI melainkan pelancong di kantor Imigrasi Lampung,”jelasnya.

Mengenai siapa nama keduanya, Zariadi hanya mengingat inisial tersangka laki-laki saja. “ Untuk yang laki-laki berinisial YSN, sedangkan yang wanita saya lupa. Keduanya ditangkap di Jakarta, saat ini mereka masih diperjalanan digiring ke Markas Polda (Mapolda) Lampung,”ungkapnya.

Barang bukti dalam perkara ini, petugas telah mengamankan satu unit mobil jenis Nisan Serena BE-22-WD di Mapolda Lampung. (Koesma)