Monday, 24 September 2018

Dua Tahun Mangkrak, Bangunan Dua Lantai Tanpa IMB Dibongkar

Senin, 7 November 2016 — 15:42 WIB
Sudin Penataan Kota Jaksel mengerahkan kuli bangunan dan tukang las untuk membongkar bangunan tanpa IMB di dalam vihara di RW 05 Kelurahan Grogol Selatan, Kebayoran Lama. (Rachmi)

Sudin Penataan Kota Jaksel mengerahkan kuli bangunan dan tukang las untuk membongkar bangunan tanpa IMB di dalam vihara di RW 05 Kelurahan Grogol Selatan, Kebayoran Lama. (Rachmi)

KEBAYORAN LAMA (Pos Kota) – Jajaran 3 Pilar Kecamatan Kebayoran Lama dan Sudin Penataan Kota Jakarta Selatan membongkar bangunan dua lantai tanpa Izin Mendirikan Bangunan (IMB),  di area vihara di RW 11 Kelurahan Grogol Selatan, Senin (7/11). Pembangunan rumah itu telah dua tahun mangkrak.

Camat Kebayoran Lama, Sayid Ali didampingi Kepala Seksi Penataan Kota Kebayoran Lama, Hj. Cindy Pangastuti menjelaskan pada 2014 pihak Sudin Penataan Kota Jaksel mengeluarkan Surat Peringatan (SP) 1,2 hingga menyegel bangunan ilegal seluas 200 meter persegi itu.

“Namun peringatan tersebut ternyata tak digubris pihak pengelola hingga bangunan itu selesai dan kini digunakan sebagai ruang tunggu bagi pengunjung vihara,” kata Sayid didampingi Lurah Grogol Selatan, Agung Wibowo, di lokasi penertiban.

Adapun pada Jumat (4/11) pihak Sudin Penataan Kota Jaksel kembali melayangkan Surat Perintah Bongkar (SPB) ke pengelola.

Lagi-lagi peringatan itu dicuekin, sehingga sekitar 35 personil terdiri dari petugas bangunan yang dikerahkan Sudin Penataan Kota Jaksel, Satpol PP, PPSU dibantu dari Polsek dan Koramil menggempur bangunan ilegal secara manual.

“Kami mengerahkan kuli bangunan dan tukang las untuk merontokkan besi-besi bangunan yang berbentuk panggung ini supaya pengelolanya kapok,” tandas Hj. Cindy Pangastuti.

Ia menargetkan pembongkaran tersebut dapat rampung hari ini juga, sehingga pihaknya dapat menyisir bangunan bermasalah lainnya di wilayah Kebayoran Lama. (Rachmi/win)