Saturday, 19 August 2017

Jokowi : Tol Becakayu Maret 2017 Sudah Operasi

Senin, 7 November 2016 — 13:37 WIB
Presiden Jokowi saat meninjau pembangunan Tol Becakayu Seksi 1, di Jalan Inspeksi Kalimalang, Jakarta Timur, Senin (7/11) pagi.

Presiden Jokowi saat meninjau pembangunan Tol Becakayu Seksi 1, di Jalan Inspeksi Kalimalang, Jakarta Timur, Senin (7/11) pagi.

JAKARTA (Pos Kota) – Presiden Jokowi meninjau proyek pembangunan jalan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) Seksi 1 yang dibangun di sepanjang jalur Kalimalang menuju Bekasi.

Kunjungannya ingin memastikan bahwa jalan tol sepanjang delapan km (kilometer) yang terbentang dari Jakasampurna Bekasi sampai Universitas Borobudur di daerah Jalan Kalimalang 1 Cipinang Melayu Jakarta Timur tersebut sudah bisa dioperasikan Maret 2017 mendatang.

“Saya hanya ingin memastikan yang Maret (2017) itu yang delapan km, 2 (arah) berarti 16 km sudah bisa dipakai karena penting sekali kemacetan di sini sudah terlalu parah,” ujar  Jokowi.

Percepatan pembangunan jalan tol yang telah tertunda selama 22 tahun tersebut diharapkan dapat mengurangi kemacetan di sekitar Jalan Kalimalang menuju Bekasi.

‪”Ya yang pasti akan sangat mengurangi kemacetan karena ini memang plan awalnya memang dihitung sangat diperlukan, tetapi berhenti dan dilanjutkan plan ini dua tahun lah rampung,” Jokowi menambahkan.

Seperti diketahui jalan tol Becakayu Seksi 1 ini telah direalisasikan oleh PT Waskita Karya sebesar 78,619 persen dari rencana awal sekitar 80,611 persen sehingga permasalahan konstruksi bisa diselesaikan lebih cepat.

“Tadi dari laporan tadi rampung, hanya minus satu persen lah, targetnya masih hanya kurang satu persen lah. Saya kira itu bisa dikejar,” ucap Jokowi.

Turut hadir mendampingi Presiden Joko Widodo dalam peninjauan kali ini adalah Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. (Johara/win)