Thursday, 30 March 2017

Minggu Depan, Gelar Perkara Penistaan Agama Dilakukan Terbuka

Senin, 7 November 2016 — 18:43 WIB
Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri, Kombes Rikwanto.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri, Kombes Rikwanto.

JAKARTA (Pos Kota) – Kabag Penum Divisi Humas Mabes Polri, Rikwanto, mengatakan gelar perkara dugaan kasus penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akan dilakukan minggu depan setelah semua saksi ahli diperiksa. Minggu ini penyidik akan merampungkan pemeriksaan terhadap saksi terlebih dahulu.

“Gelar perkara akan dilakukan minggu depan. Minggu ini akan dilakual pemeriksaan semua saksi. Sejauh ini hampir 25 saksi telah diperiksa, masih ada delapan saksi yang belum diperiksa, termasuk saksi pelapor,” ujar Rikwanto di Mabes Polri, Senin (7/11/2016).

Terkait gelar perkara yang akan dilakukan secara terbuka, Rikwanto menyebut tengah mempersiapkan mekanismenya. “Gelar perkara terbuka sedang dibuat desain dan prosesnya sedang berjalan. Mekanismenya sedang digodok bersama tim supaya terlaksana dengan baik,” imbuhnya.

(Baca: Penyidik Cecar Ahok dengan 22 Pertanyaan)

Hari ini terlapor dugaan penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama diperiksa di Mabes Polri. Oleh empat penyidik, Ahok dicecar 22 pertanyaan. Pemeriksaan berlangsung sekitar sembilan jam.

(Baca: 9 Jam Diperiksa Penyidik Polri, Ahok Ternyata Lapar)

Dalam pemeriksaan, Ahok didampingi tim kuasa hukum Sirra Prayuna, Ketua Tim Pemenangan Ahok-Djarot Prasetyo Edi Marsudi, Juru bicara Ruhut Sitompul, politisi PDI Perjuangan Merry Hotma dan politisi Hanura, Muhammad ‘Ongen’ Sangaji. (ikbal/yp)