Wednesday, 21 November 2018

Penyidik Cecar Ahok dengan 22 Pertanyaan

Senin, 7 November 2016 — 17:58 WIB
Sirra Prayuna memberi keterangan terkait pemeriksaan Ahok di Mabes Polri (dok/toga)

Sirra Prayuna memberi keterangan terkait pemeriksaan Ahok di Mabes Polri (dok/toga)

JAKARTA (Pos Kota) – Setelah diperiksa sekitar 9 jam sebagai terlapor, calon gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama keluar dari gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan sekitar pukul 17:00

Sirra Prayuna, kuasa hukum, menyebut ada 22 pertanyaan yang disampaikan ke pria yang kerap disapa Ahok itu. Ia menyebut semua pertanyaan penyidik dapat dijawab Ahok dengan baik.

“Hari ini Pak Ahok memenuhi panggilan untuk memberi keterangan. Pemeriksaan berlangsung 9 jam, hampir 22 pertanyaan ditambah 18 pertanyaan pada pemeriksaan pertama. Jadi total ada 40 pertanyaan. Semua berjalan lancar, Pak Ajok menjawab dengan tegas dan lugas,” ujarnya di Mabes Polri, Senin (7/11/2016).

Menurut Sirra, pemeriksaan terhadap calon gubernur petahan itu dilakukan oleh empat penyidik Mabes Polri. Dalam pemeriksaan, Ahok didampingi tom kuasa hukum Sirra Prayuna, Ketua Tim Pemenangan Ahok-Djarot, Prasetyo Edi Marsudi, Juru Bicara Ahok Djarot, Ruhut Sitompul, politisi PDI Perjuangan Merry Hotma dan politisi Hanura, Muhammad ‘Ongen’ Sangaji.

(Baca: 9 Jam Diperiksa Penyidik Polri, Ahok Ternyata Lapar)

Ahok dilaporkan ke Bareskrim dengan tuduhan tindak pidana penistaan agama saat mengutip surat Alquran surat Al Maidah ayat 51 saat bertemu dengan warga Kepulauan Seribu. Pada 24 Oktober 2016, Ahok telah berinisiatif mendatangi Bareskrim Polri untuk memberi klarifikasi. Namun, penyelidik merasa perlu kembali meminta keterangan Ahok sebagai tambahan. (ikbal/yp)