Wednesday, 19 September 2018

Anies Janji Buka 200 Ribu Lapangan Kerja Baru

Selasa, 8 November 2016 — 21:32 WIB
Anies Baswedan usai kampanye di Koja, Jakarta Utara. (julian)

Anies Baswedan usai kampanye di Koja, Jakarta Utara. (julian)

JAKARTA (Pos Kota) – Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan-Sandiaga Salahudin Uno, berjanji membuka akses lapangan kerja dan membangun kewirausahaan (enterpreneurship) bila nanti menang dalam Pilkada DKI Jakarta 2017.

Anies janji membuka 200 ribu lapangan kerja baru dan mengaktifkan 44 pos pengembangan kewirausahaan warga untuk menghasilkan 200 ribu pewira usaha baru, selama lima tahun. Program ini salah satu dari 23 janji kerja Anies-Sandi kepada warga Jakarta.

“Jadi kami punya program namanya Gerakan 200 Ribu Pengusaha Baru. Kami ingin meningkatkan jumlah wirausaha di Jakarta dan itu kami buatkan berbagai programnya dari mulai pelatihan kemudian (menyiapkan) tempat mereka bisa melakukan kegiatan,” katanya, usai bersilaturahmi dengan warga di Jalan Komplek UKA Blok AC, No 22 RT 07 RW 08 Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara, Selasa (8/11/2016).

Tentunya, menurut dia, program itu dapat terlaksana dengan lebih baik bila mendapat dukungan dari pemerintah pusat. Sebab, rencananya, kantor-kantor pemerintahan pun nanti akan dia gunakan untuk kegiatan-kegiatan pelatihan-pelatihan bagi wirausaha.

“Nah tujuannya adalah bukan saja menciptakan lapangan kerja tapi juga merangsang lebih banyak tumbuh wirausaha kecil yang insya Allah akan lebih mensejahterakan bagi masyarakat,” ujarnya.

Secara terpisah, Sandiaga Uno memaparkan, ada empat poin yang akan mereka kerjakan guna merealisasikan program itu. Pertama, membuat 44 pusat-pusat kewirausahaan (enterpreneurship center) di setiap kecamatan.

Kemudian membuka garasi inovasi untuk anak-anak muda di Jakarta bereksperimen menciptakan inovasi-inovasi yang bernilai ekonomi dan memberikan solusi atas berbagai permasalahan di ibukota.

Lalu pendampingan perencanaan keuangan untuk UMKM dan pengusaha baru. Serta mengadakan enterpreneur mentorship (bimbingan usaha).

“Jadi kami juga akan melibatkan pemimpin bisnis di Jakarta untuk menjadi mentor bagi para pengusaha baru dengan difasilitasi oleh pemerintah provinsi,” katanya. (julian)

  • Bagas Al Ayyubi

    bagus bgt! saya suka sama ente! #SalamBersama

  • Rahmat Setiawan

    mantap lah anies-sandi. semakin kesini semakin keren kampanyenya, optimis menang #SalamBersama

  • Zapin Renggo

    Soal lapangan kerja begini Anies Sandi dinilai memang mampu, apalagi latar belakangnya Sandi yg prestasi bgt soal membangun pengembangan ekonomi

  • Supirah

    Kenapa musti kalau kepilih ? kalau memang mampu silahkan buka usaha sekarang dan berikan kesempatan kerja, bukankah uangnya Trilyunan