Sunday, 16 December 2018

Klopp Minta Pemain Liverpool Fokus dan Konsisten

Selasa, 8 November 2016 — 6:28 WIB
Klopp dikenal dekat dengan pemainnya.. Ia bahkan sering memeluk pemain memberikan selamat (reuters)

Klopp dikenal dekat dengan pemainnya.. Ia bahkan sering memeluk pemain memberikan selamat (reuters)

INGGRIS – Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp Tanggapi dingin sukses timnya mengambil alih pimpinan klasemen sementara Liga Primer Inggris usai melumat Watford di Anfield, Minggu (6/11) malam WIB. Menurutnya, bisa menjaga konsistensi timnya hingga penghujung paruh musim, lebih penting dari sekadar memimpin klasemen sementara dari 11 pertandingan.

“Penting untuk memetik poin di sepertiga akhir musim. Kami akan terus maju dan lihat apa yang akan terjadi hingga penghujung paruh musim. Posisi kami saat ini tidak penting untuk saat ini. Saya tahu banyak hal telah terjadi dalam beberapa tahun terakhir. Ini bukanlah tim dua atau tiga tahun lalu, ini bukanlah tim 25 tahun lalu, ini adalah tim dengan karakter dan gaya permainan yang baru. Kami tak perlu takut pada masa depan atau jaminan di November. Mudah untuk mencintai pertandingan ini jika Anda memenangkan laga secara beruntun,” ungkap Klopp, seperti dilansir Sky Sports.

Liverpool sukses memimpin klasemen setelah memetik tiga kemenangan beruntun di Liga Primer. Dengan total 26 poin dari 11 laga, tim berjuluk Si Merah itu unggul satu angka dari Chelsea di urutan kedua dan dua angka dari Manchester City dan Arsenal di urutan ketiga dan keempat.

Sukses itu tidak terlepas dari peran Klopp dalam meramu skuad asuhannya. Sehingga Si Merah berhasil memaksimalkan situasi saat City dan Arsenal gagal meraih kemenangan pada laga sebelumnya. City dipaksa bermain 1-1 oleh tamunya West Bromwich Albion, sementara Arsenal ditahan Tottenham Hotspur 1-1.

TETAP FOKUS

Untuk itu, Klopp meminta anak-anak asuhnya tetap fokus menghadapi laga selanjutnya hingga penghujung paruh musim pada Januari 2017 mendatang. Selanjutnya, Liverpool akan menyambangi Southampton dan Sunderland, sebelum bentrok dengan AFC Bournemouth, West Ham United, Middlesbrough, Everton, Stoke City, dan City di bulan Desember mendatang.

“Kami sadar jika keberuntungan tengah menaungi kami pekan ini. Namun saya senang dengan performa para pemain malam ini (melawan Watford),” lanjut Klopp usai melumat Watford 6-1.

Dalam laga itu, enam gol penentu kemenangan Liverpool dicetak Sadio Mane (27″, 60″), Philippe Coutinho (30″), Emre Can (43″), Roberto Firmino (57″), dan Georginio Wijnaldum (90″). Sedangkan satu-satunya gol balasan Watford dicetak Daryl Janmaat (75″). Hasil itu membuat Watford masih tercecer di papan tengah dari 11 laga.

Dengan 15 poin, Watford tertinggal enam angka dari batas akhir zona Eropa, hunian Tottenham. Pelatih Watford, Walter Mazzarri memuji ketangguhan Liverpool dalam laga itu, sehingga timnya takluk 1-6. Pada laga lainnya, Hull City kalahkan Southampton 2-1, Swansea City takluk 1-3 dari Manchester United, dan Leicester kalah 1-2 dari West Bromwich Albion. (junius)