Wednesday, 19 September 2018

Undang ke Gedung Putih

Obama Ucapkan Selamat Kepada Donald Trump

Rabu, 9 November 2016 — 21:32 WIB
Donald Trump menangkan suara warga Amerika Serikat dalam Pilpres As 2016. (ist)

Donald Trump menangkan suara warga Amerika Serikat dalam Pilpres As 2016. (ist)

AMERIKA SERIKAT – Presiden Barack Obama telah menghubungi pemenang pemilihan Presiden Donald Trump pada Rabu pagi waktu setempat. Obama mengucapkan selamat dan mengundang Trump ke Gedung Putih Kamis esok untuk membahas tentang transisi kekuasaan, demikian menurut Gedung Putih.

Sekretaris Pers Gedung Putih, Josh Earnest, mengatakan Presiden Obama akan berbicara kepada pers tentang pemilihan presiden yang telah berlangsung, termasuk tentang langkah-langkah yang perlu diambil Amerka Serikat demi menjaga persatuan setelah musim pemilihan yang berlangsung ketat.

Earnest tidak bersedia memberikan detail tentang panggilan telpon yang dilakukan Presiden Obama kepada Trump.

Presiden Obama juga telah menghubungi mantan Sekretaris Negara Hillary Clinton dan menyatakan kekagumannya atas kampanye yang telah dijalankannya, demikian dikatakan Earnest.

Kandidat presiden dari Partai Republik, Donald Trump, mengalahkan kandidat presiden dari Partai Demokrat, Hillary Clinton, dalam pemilihan presiden Amerika Serikat yang berlangsung pada Rabu (8/11) kemarin.

Walaupun sempat diragukan, namun Trump yang merupakan pengusaha dan mantan acara realitas televisi meraih lebih dari 274 electoral votes, melewati batas minimal 270 suara. Walaupun masih belum ada 46 suara yang belum dihitung, namun Clinton yang baru meraih 218 suara tidak akan bisa melebihi jumlah suara Trump.

Trump bahkan berhasil meraih kemenangan di negara bagian Wisconsin yang sejak tahun 1984 selalu didominasi oleh Partai Demokrat. Trump juga meraih kemenangan di Florida walaupun berdasarkan polling Clinton unggul tipis. Trump juga meraih kemenangan di North Dakota, walaupun berdasarkan polling Trump kalah telak.(daus)