Wednesday, 21 November 2018

All New Honda CBR250RR Diproduksi di Indonesia untuk Pasar Dunia

Kamis, 10 November 2016 — 7:04 WIB
All New Honda CBR250RR  (ist)

All New Honda CBR250RR (ist)

JAKARTA (Pos Kota)- PT Astra Honda Motor (AHM) sukses memproduksi motor sport global kelas premium All New Honda CBR250RR dengan menerapkan teknologi manufaktur tercanggih di Indonesia. Motor yang telah diproduksi massal di pabrik Honda di Karawang itu pun mendapatkan sambutan dari konsumen Honda. Hal itu terbukti membanjirnya pesanan.

Presiden Direktur AHM Toshiyuki Inuma, menuturkan, perakitan All New Honda CBR250RR didesain secara khusus supersport line. Indonesia mendapat kepercayaan memproduksi model lightweight supersport secara massal lantaran fasilitas produksi dan manufaktur yang dinilai telah berkualitas tinggi.

“Indonesia sebagai negara pertama yang memproduksi All New Honda CBR250RR di dunia. Kami menerapkan salah satu teknologi manufaktur terbaik, yang belum pernah diterapkan pada proses produksi sepeda motor Honda lainnya. Ini bagian dari komitmen kami dalam memberikan produk berkualitas untuk para pecinta motor sport di Indonesia,” kata Inuma di sela-sela seremoni peluncuran All New Honda CBR 250RR, di Pabrik Honda Karawang, baru-baru ini.

Direktur Production & Engineering AHM, Masahiko Ikegami, menerangkan, All New Honda CBR250RR punya kekhususan jalur produksi, tidak bercampur dengan model lain. “Semua histori pengerjaan per unit dicatat dan penjaminan kualitas berlapis, serta tingkat presisi yang tinggi,” terang Masahiko.

Selain itu, tambah Masahito, proses produksi menerapkan teknologi baru Pick to Light System dan Interlock System di sepanjang lini perakitan. Ini menjadikan lebih efisien. Demi menjamin ketepatan perakitan pada mesin dan komponen motor, AHM mendesain lini perakitan khusus yang berbeda melalui desain Clean Room Assembly System.

Interlock system merupakan sistem yang memastikan proses pengencangan torsi secara presisi. Sedangkan sistem Pick to Light System untuk memastikan pengambilan jenis dan jumlah part dalam satu stasiun kerja menjadi akurat, sesuai dengan jumlah dan jenis komponen yang dibutuhkan saat perakitan.

PRODUKSI MASSAL

AHM dengan bangga memperkenalkan produksi massal All New Honda CBR250RR yang diklaim sebagai join produksi Indonesia-Jepang ditujukan untuk pasar dunia.

Toshiyuki Inuma menuturkan, setelah diluncurkan Juli lalu, All New Honda CBR250RR kini resmi diproduksi massal di Karawang. Secara khusus Honda Indonesia mengapresiasi kesabaran konsumen untuk menunggu model terbaru motor premium Honda ini.

“Kami bangga memproduksi model yang paling ditunggu-tunggu. Di sini kami berjanji untuk memberikan kesenangan berkendara bagi konsumen Honda,” terang Inuma.

Sedangkan Yoshishige Nomura, Chief Operating Officer, Motorcycle R&D Center, Honda R&D dan Presiden Honda Racing Corporation menambahkan, All New Honda CBR250RR mengadopsi teknologi tertinggi. Beberapa komponennya memiliki kesamaan teknlogi dengan model super sport ber-cc besar.

Terkait kapasitas produksi, Inuma menurutkan, volume produksi 84 unit per hari. Sejak perdana dilucurkan akhir Juli 2016 lalu, pemesanan Honda CBR250RR sudah mencapai 2.700 unit lebih. Produknya akan dikirimkan secepatnya antara November dan Desember 2016 kepada pemesan. (prihandoko)