Wednesday, 19 September 2018

Trump Jadi Presiden AS, Nasib Los Angeles Jadi Tuan Rumah Olimpiade Suram

Kamis, 10 November 2016 — 1:40 WIB
Donald Trum terpilih jadi Presiden Amerika Serikat (reuters)

Donald Trum terpilih jadi Presiden Amerika Serikat (reuters)

AMERIKA SERIKAT – Dengan terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat, nasib kota Los Angeles yang mengajukan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2024 semakin suram.

Los Angeles bersaing dengan Paris dan Budapest sebagai tuan rumah Olimpiade 2024 setelah Roma dan Hamburg mundur dalam proses pengajuan diri menjadi tuan rumah yang akan dipilih dalam pemungutan suara di Lima, Peru pada September 2017.

Walikota Los Angeles, Eric Garcetti, pernah mengatakan Komite Olimpiade Internasional (IOC) mempunyai perhatian khusus terhadap Trump.

Garcetti yang dari Partai Demokrat mengatakan bulan Agustus bahwa hasil pemilihan presiden akan mempengaruhi peluang Los Angeles menjadi tuan rumah Olimpiade.

“Saya merasa beberapa anggota IOC berkata, Apakah kita akan ke negara yang membiarkan hal-hal yang tidak sesuai dengan visi dan misi kita?” demikian dikatakan Garcetti.

Anggota IOC sebanyak 98 orang datang dari berbagai negara dan pernyataan Trump tentang Meksiko, Muslim dan permasalah lain akan membuat mereka tidak berniat memberikan suara ke kota Amerika Serikat, demikian menurut Garcetti.

Presiden IOC, Thomas Bach, juga pernah memberikan komentar tentang keangkuhan beberapa orang yang merasa superior dibandingkan yang lain. Dalam kampanyenya, Trump menyatakan ingin melarang Muslim berimigrasi ke Amerika Serikat dan mendeportasi jutaan imigran ilegal.

Proses pemilihan tuan rumah Olimpiade bisa dipengaruhi oleh politik negara kandidat. Paris yang diunggulkan menjadi pemenang untuk Olimpiade 2012 dikalahkan oleh London karena Perdana Menteri Inggris kala itu, Tony Blair, hadir di pertemuan IOC di Singapura tahun 2005.

Blair berbicara dengan belasan anggota IOC selama dua hari dan atas perannya, London berhasil menjadi tuan rumah Olimpiade 2012.(daus)