Saturday, 20 October 2018

Badai Cedera Pemain Hantui Belgia

Jumat, 11 November 2016 — 7:03 WIB
Roberto Martinez, manajer Belgia (reuters)

Roberto Martinez, manajer Belgia (reuters)

BELGIA– Badai cedersa pemain mulai menghantui Timnas Belgia jelang menjamu Estonia dalam lanjutan fase Grup H Babak kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa. Pelatih Belgia, Roberto Martinez bahkan harus menyimpan sejumlah pilar mereka saat Belgia berhasil menahan Belanda 1-1 dalam laga ujicoba di Amsterdam ArenA, Kamis (10/11) dinihari WIB.

Martinez terpaksa harus mencadangkan kiper utama mereka, Courtois di saat-saat terakhir menjelang pertandingan akibat kondisinya yang belum fit setelah mengalami masalah pada matanya. Peran Courtois di bawah mistar gawang pun digantikan Simon Mignolet. Sebelumnya, Martinez sudah lebih dulu bek andalan mereka, Vicent Kompany karena masalah kebugaran serta gelandang Marouane Fellaini akibat cedera. “Fellaini mendapat cedera melawan Swansea City akhir pekan lalu dan akan kembali ke klubnya,” kata Martinez, seperti dikutip Sky Sports.

Kini, Martinez hanya bisa menunggu pemainnya bisa tampil bugar untuk menjamu Estonia, akhir pekan ini. Bagi Belgia, melawan Estonia akan sangat penting untuk mempertegas posisi mereka sebagai pimpinan H. Maklum, meski mengumpulkan sembilan poin dari tiga laga, posisi mereka masih belum terbebas dari ancaman penggusuran.

Pasalnya, mereka hanya unggul produktivitas gol dari Yunani di urutan kedua, disusul Bosnia-Herzegovina dengan enam angka. Sedangkan Estonia menempati urutan keempat dengan tiga poin, disusul Siprus dan Gibraltar yang belum meraih satu pun angka.

“Pertandingan Minggu ini akan menjadi pertandingan penting buat kami mempercepat langkah kami menuju turnamen (Piala Dunia 2018). Untuk itu saya vberharap para pemain sudah bisa tampil dalam kondisi lebih prima. Saya pikir tidak ada seorang pemain pun yang mendapatkan panggilan otomatis berdasarkan nama di punggungnya. Belgia merupakan tim yang kompetitif dan semua orang mesti berjuang untuk menjadi bagiannya. Para pemain harus bersabar dan membuktikan diri lebih baik lagi dan lebih bagus lagi dalam hal penampilan agar bisa kembali ke tim ini,” ungkap Martinez.

Belgia berhasil menghindari kekalahan melawan Belanda setelah tertinggal lebih dulu lewat gol Davy Klaassen (penalti, 38′). Gol penyeimbang belgia itu divcetak Yannick Ferreira-Carrasco, delapan menit jelang bubaran. (junius)