Sunday, 18 November 2018

Pemerintah RI Harus Segera Minta AS Lindungi WNI Islam

Sabtu, 12 November 2016 — 15:58 WIB
Donald Trump menangkan suara warga Amerika Serikat dalam Pilpres As 2016. (ist)

Donald Trump menangkan suara warga Amerika Serikat dalam Pilpres As 2016. (ist)

JAKARTA (Pos Kota) – Pemerintah Indonesia agar segera  meminta perhatian kepada Pemerintah Amerika Serikat (AS) untuk melindungi  warga negara Indonesia, khususnya mereka yang menggunakan atribut Islam.

“Bila perlu pemerintah mengeluarkan travel warning bagi WNI baik yg saat ini sedang di AS maupun yang akan berpergian agar mereka berhati-hati,” demikian disampaikan Hikmahanto Juwana, Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia (UI), di Jakarta, Sabtu (12/11).

Menurut Hikmahanto, berbedasarkan pemberitaan media saat ini di Amerika SerikatS terjadi berbagai intimidasi terhadap kaum minoritas dan mereka yang menggunakan atribut Islam. Pihak-pihak yang mengintimidasi seolah memiliki legitimasi setelah kemenangan Presiden Terpilih Donald Trump.

Menurut Hikmahanto, pemerintah juga bisa menyampaikan agar bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan untuk segera mengontak perwakilan RI terdekat.

Ia menambahkan pemerintah Indonesia juga perlu mendorong perwakilan AS yang ada di Indonesia untuk melakukan sosialisasi bahwa kampanye Trump yang kerap sangat merugikan Islam akan berbeda saat Trump menjadi Presiden.

“Ini untuk mencegah kompleksitas ketika pemerintah Indonesia melakukan hubungan dengan pemerintah AS  dibawah Presiden Trump. Jangan sampai pemerintah dituding oleh publiknya mau bekerjasama dengan pemerintah suatu negara yang tidak bersahabat dengan Islam,” terang Hikmahanto. (johara/win)