Friday, 16 November 2018

Jelang Natal, Pelni Silakan Penumpang Segera Beli Tiket Kapal Kelud

Minggu, 13 November 2016 — 6:55 WIB
KM Kelud

KM Kelud

JAKARTA (Pos Kota) – Menghadapi liburan hari raya Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 diperkirakan akan ada lonjakan penumpang kapal Pelni KM Kelud 200-300 persen pada rute Batam, Medan dan Tanjung Priok.

Oleh karenanya, PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) cabang Batam menyiapkan lebih kurang 20 ribu tiket tujuan Belawan, Medan dan Tanjungpriuk, Jakarta.

Hal itu dikatakan Kepala Operasional Pelni cabang Batam, Ending Wahyudi. “Tahun lalu jumlah penumpang dari Batam ke Belawan sejak H-7 Natal meningkat signifikan hingga mencapai 17 ribu lebih, sedangkan ke Tanjungperiuk hampir seribu lebih,” ujarnya.

Di perkirakan tahun ini akan ada kenaikan dari tahun lalu. Untuk jaga-jaga manajemen Pelni sudah menyiapkan 20 ribu tiket sesuai kebutuhan dari pemudik.

Ending mengimbau bagi calon penumpang yang akan berangkat diminta memesan tiket jauh sebelum keberangkatan dan bisa membeli tiket lewat online website Pelni atau melalui agen. “Tiket sudah bisa dipesan dari sekarang,” ucapnya.

Untuk harga tiket tidak mengalami kenaikan. Tiket tujuan Belawan dijual dengan harga Rp220 ribu, sedangkan Tanjung Priok Rp312 ribu untuk satu kali keberangkatan.

Guna menghindari adanya tangkap tangan oleh petugas terkait dugaan adanya penjualan tiket melebihi ketentuan, Ensingengaku sudah membuat perjanjian dengan 12 agen penjualan secara tertulis dan di atas materai agar bisa dipertanggunh jawabkan sendiri bila kena OTT.

“Isi perjanjiannya intinya bila ada karyawan agen yang menjual tiket dibatas harga resmi yang ditetapkan Pelni maka itu menjadi tanggung jawabya perusahaan agen tiket dan janganembaw-bawa Pelni,” kata Ending. “Sehinggi bila ada yang kena OTT petugas ya resikonya sendiri.”

Mengenai kapasitas KM Kelud, Ending mengungkapkan akan ada perubahan dikarenakan penataan ulang yang dilakukan Pelni terhadap ruang tidur KM Kelud.

“Tahun lalu Pelni menyediakan hingga 1.906 kursi. “Tahun ini akan banyak kursi lagi yang tersedia. Kapasitas secara keseluruhan bisa menampung hingga 3.200 penumpang,” ucapnya. (dwi)