Friday, 20 October 2017

Pendiri Wikileaks Dituduh Memperkosa Perempuan Swedia

Selasa, 15 November 2016 — 0:24 WIB
Julian Assange (reuters)

Julian Assange (reuters)

INGGRIS- Tim kejaksaan Swedia tiba di Kedutaan Besar Ekuador di London Inggris pada Senin pagi (14/11) untuk memeriksa pendiri Wikileaks, Julian Assange, dengan tuduhan ia memerkosa seorang perempuan Swedia pada 2010.

Assange mencari suaka di Kedutaan Ekuador tahun 2012 dan berada di sana sejak saat itu untuk menghindari ekstradisi.

Tim kejaksaan Swedia ini dipimpin oleh Ingrid Isgren.

Berdasarkan kesepakatan hukum yang rumit, jaksa Swedia mengajukan daftar pertanyaan yang kemudian disampaikan oleh jaksa Ekuador kepada Assange. Tim dari Swedia hanya mendengarkan jawaban Assange berdasarkan daftar pertanyaan yang mereka ajukan.

Pendiri Wikileaks membantah tuduhan memerkosa seorang perempuan warga Swedia ketika Assange berkunjung ke Stockholm pada Agustus 2010 untuk memberikan kuliah.

Ditegaskan oleh Assange bahwa hubungan seksual itu dilakukan atas dasar suka sama suka.

Ia justru berpendapat tuduhan itu mempunyai muatan politik setelah situs Wikileaks yang didirikannya membocorkan banyak dokumen rahasia negara.

Pria warga Australia ini menolak untuk menjalani pemeriksaan di Swedia karena khawatir terancam diekstradisi ke Amerika Serikat terkait dibocorkannya 500.000 dokumen militer rahasia mengenai perang di Afghanistan dan Irak.

Karena berada di dalam lingkungan Kedutaan Ekuador maka ia tidak bisa disentuh oleh pihak berwenang Inggris meskipun ia berada di London.(BBC)