Wednesday, 21 November 2018

Pengadilan Mesir Batalkan Hukuman Mati Terhadap Morsi

Selasa, 15 November 2016 — 23:40 WIB
morsi

MESIR – Pengadilan kasasi Mesir membatalkan hukuman mati terhadap presiden terguling Mohamed Morsi dan memerintahkan digelarnya pengadilan ulang.

Morsi yang terpilih secara demokratis digulingkan oleh kudeta militer pada Juli 2013 setelah menjalani satu dari empat tahun masa pemerintahannya.

Setelah kudeta militer, organisasi Ikhwanul Muslim yang mendukung Morsi dinyatakan sebagai organisasi terlarang. Pemerintah berusaha membubarkan Ikhwanul Muslim dan organisasi lainnya, menyeret puluhan ribu anggota ke pengadilan.

Morsi diadili atas beberapa tuduhan termasuk melarikan diri dari penjara saat ditahan di penjara Kairo pada tahun 2011. Selain itu Morsi juga dituduh membagi rahasia negara dengan kekuatan asing termasuk Qatar.

Morsi mendapat beberapa hukuman, termasuk hukuman penjara seumur hidup, penjara 20 tahun dan hukuman mati. Morsi mengajukan banding namun permintaan banding untuk hukuman penjara 20 tahun telah ditolak pengadilan.

Para pendukung Morsi menuduh pengadilan terhadap politisi 65 tahun adalah pengadilan politis dan digunakan untuk menguatkan alasan dilakukannya kudeta. Para pendukung juga menuduh tuntutan yang diajukan berdasarkan saksi yang tidak bisa dipercaya dan bukti yang lemah.(daus)