Friday, 23 June 2017

Situ Bolang Tawarkan Wisata Sambil Mancing Ikan Gratis

Jumat, 18 November 2016 — 8:16 WIB
Situ Bolang di Desa Jati Sura Indramayu, Jawa Barat

Situ Bolang di Desa Jati Sura Indramayu, Jawa Barat

INDRAMAYU (Pos Kota) – Taman Wisata Situ Bolang yang terletak di Desa Jatisura, Kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, kini menanti para pengunjung.

Wisatawan bakal puas menikmati pemandangan alam. Bahkan mendapatkan jaminan keamanan dan ketenangan karena keramahan penduduk setempat. Yang menarik, memasuki taman wisata sambil memancing ikan itu ternyata gratis.

Menurut salah seorang warga Desa Jatisura, Samari, Situ Bolang merupakan waduk tempat menampung air dari beberapa sungai kecil yang berhulu di Kabupaten Sumedang yang merupakan tetangga Kabupaten Indramayu. Situ Bolang menjadi taman wisata karena menawarkan berbagai keindahan alam.

Air Situ Bolang yang jernih dan tenang tanpa ombak menjadi pilihan muda-mudi bermain air atau naik perahu berkeliling Situ Bolang. “Pengunjung dijamin puas dan aman menikmati pemandangan alam dan permainan air Situ Bolang yang tawar dan bersih dari sampah,” kata Wardi, 52 warga setempat.

Jika malam Minggu, Situ Bolang ramai dikunjungi muda-mudi sekedar melepas penat sambil menatap sinar rembulan dibalik rimbunnya pepohonan mangga. Pengunjung tidak perlu khawatir kelaparan, sebab di sekitar Situ Bolang banyak berdiri warung-warung makanan dan minuman yang menyediakan ayam kampung bakar atau pedesan entog.

Atau bagi yang suka pedas-pedas pengunjung bias memesan sambal kacang dengan mangga mangkal atau mangka setengah matang yang jika disantap siang hari rasanya segar. “Mangga setengah matang banyak tersedia di sini. Tinggal pesan ke pelayan warung bisa langsung diantar,” katanya.

Yang melegakan lagi, harga makanan dan minuman yang dijual di tempat wisata biasanya mahal, namun di Situ Bolang harganya terjangkau atau sama dengan harga makanan di warung biasa. Bagi yang punya hobi memancing ikan, Situ Bolang adalah tempat yang tepat. Banyak ikan-ikan liar yang dapat dipancing di Situ Bolang.

Dikatakan, sejarah penamaan Situ Bolang, katanya berasal dari kata Kebo Ilang (Kerbau Hilang). Mitos yang berkembang di masyarakat Desa Jatisura, konon pada zaman dahulu di sekitar Situ Bolang terdapat rerumputan menghijau.

Hal itu menarik perhatian pemilik hewan seperti kerbau untuk menggembala di tempat itu. Pada saat itu, katanya banyak kerbau milik masyarakat yang hilang tanpa sebab. Itulah sebabnya situ atau kolam penampung air di sana di sebut Situ Bolang.

Hamparan sawah yang cukup luas sepanjang perjalanan dan rimbunnya pepohonan mangga semakin menjadi daya pikat tersendiri bagi para pengunjung ke Taman Wisata Situ Bolang.

Apalagi di sekitar Taman Wisata Situ Bolang itu banyak warung makanan dengan menu khas, ikan bakar atau ayam kampung bakar yang cukup lezat rasanya. Taman Wisata Situ Bolang merupakan tempat yang cocok bagi mereka yang punya hobi memancing ikan.

Untuk menjangkau ke Taman Wisata Situ Bolang tidaklah sulit. Bisa dijangkau dari Jalan Pantura Desa Larangan, Kecamatan Lohbener, Kabupaten Indramayu – Desa Tugu – Desa Tunggul Payung – Desa Jatisura – Situ Bolang jaraknya skeitar 9 Km. Atau juga bisa ditempuh dari Jalan Pantura Desa Jangga – Desa Pegagan – Pasar Terisi – Desa Cikedung – Desa Jambak – Desa Jatisura – Situ Bolang.

(taryani/sir)