Sunday, 16 December 2018

Liverpool Hadapi Southampton, Klopp Harus Putar Otak

Sabtu, 19 November 2016 — 7:00 WIB
Jurgen Klopp pelatih Liverpool (reuters)

Jurgen Klopp pelatih Liverpool (reuters)

INGGRIS– Setelah sukses memimpin klasemen sementara Liga Primer Inggris, ‘Si Merah’ Liverpool bakal mendapat ujian untuk menghindari kudeta kala menyambangi Southampton di Stadion St. Mary’s, Sabtu (19/11) malam WIB.

Kedua pelatih akan sama-sama dipaksa untuk memutar otak, imbas dari badai kelelahan yang dialami sejumlah pemain pasca jeda internasional dalam dua pekan terakhir.

Misi mencuri poin penuh tentu jadi tekad Si Merah demi menjaga posisi mereka di pucuk klasemen sementara. Dengan raihan 26 poin, Liverpool hanya unggul satu angka dari Chelsea, disusul Manchester City dan Arsenal dengan 24 poin.

Artinya, gagal meraih kemenangan hanya akan membuat skuad asuhan Jurgen Klopp kembali lengser dari tahta klasemen. Apalagi Liverpool dipastikan tampil dengan skuad yang tak lengkap menyusul cedera yang dialami Adam Lallana. Seperti dilansir Daily Mail, Lallana dipastikan absene.ghadapi mantan klubnya, Southampton.

Ia mengalami cedera pangkal paha saat membela Inggris melawan Spanyol 2-2 di laga ujicoba, tengah pekan kemarin. “Dia (Lallana) sudah ditangani oleh tim media untuk selanjutnya fokus menjalani pemulihan setelah mengalami masalah pada pahanya. Cedera ini hanyalah cedera berkelanjutan yang dialami Lallana dan tidak begitu serius dan dia dapat menjalani latihan kembali pada minggu depan dan tidak akan bermain untuk pertandingan melawan Southampton, Sabtu ini,” kata Klopp, seperti dilansir Liverpool Echo.

Absennya Lallana di St Mary, jadi pukulan telak bagi Klopp. Karena Lallana merupakan pemain penting bagi Liverpool pada lini tengah, ia memainkan peran besar dalam membantu Si Merah untuk menduduki puncak klasemen Liga Primer awal bulan ini. Selain itu, Lallana juga dianggap sebagai pemain yang tahu akan karakter permainan Southampton. Jika pemain berusia 28 tahun itu tidak dapat bermain, maka tempatnya pada lini tengah akan diambil oleh Gini Wijnaldum.

Kondisi itu jadi keuntungan bagi Chelsea dan City yang siap mengkudeta mereka dari singgasana klasemen.

Apalagi kedua tim akan bertemu lawan yang relatif berada satu level di bawah mereka. Chelsea melawat Middlesbrough, satu hari berselang, sementara City menyambangi Crystal Palace. “Ini akan menjadi pekan yang luar biasa. Kami akan menghadapi Southampton dengan kondisi yang tidak sempurna. Kami hanya perlu menjaga rasa percaya diri dalam sengitnya persaingan. Saya pikir perubahan di papan atas klasemen masih akan mewarnai kompetisi ini hingga penghujung paruh musim, bulan Januari mendatang,” ungkap Klopp.

Situasi itu tentunya kian menambah tekanan di kubu Liverpool yang sudah pasti akan dimaksimalkan Southampton untuk mengamankan poin penuh. Pasalnya, tiga angka akan membantu Southampton untuk bisa meramaikan persaingan di papan atas. Tim asuhan Claude Puel itu masih tercecer di papan tengah dengan 13 loin. Namun bisa mengalahkan Liverpool, jelas bukan perkara mudah. Apalagi Puel masih dilanda masalah cedera para pemain, seperti Ryan Bertrand, Shane Long, Jake Hesketh, Alex McCarthy, Matt Targett, Harrison Reed, Jeremy Pied, danCedric Soares, Namun Puel masih bisa mengandalkan duet Virgil Van Dijk dan Jose Fonte di lini belakang. (junius)