Sunday, 18 November 2018

Anies Minta Nobel Perdamaian untuk Aung San Suu Kyi Dicabut

Minggu, 27 November 2016 — 0:45 WIB
Anies Baswedan

Anies Baswedan

JAKARTA (Pos Kota) – Calon Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan turut menyoroti kejahatan kemanusiaan yang terjadi terhadap etnis Rohingya di Myanmar. Dia prihatin atas kondisi tersebut.

“Belakangan ini kita mendengar kabar duka yang menyakitkan dari Myanmar. Saudara-saudara kita warga Rohingya di Myanmar lebih dari 30 ribu orang harus mengungsi,” ungkap Anies melalui Instagram pribadinya, @aniesbaswedan, Sabtu (26/11/2016).

Ironisnya, kata dia, salah satu tokoh di negara tersebut yakni Aung San Suu Kyi mendapatkan nobel perdamaian. Karena itu, dia lantas mendesak Komite Nobel mencabut gelar tersebut.

“Kebiadaban ini terjadi di depan rezim berkuasa yang de facto dipimpin oleh Aung San Suu Kyi, penerima hadiah nobel. Dunia mengutuk, dunia marah. Saya menuntut kepada kepada Komite Nobel di Oslo untuk mencabut hadiah nobel dari Aung San Suu Kyi atas pendiamannya terhadap kebrutalan ini,” lanjutnya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu pun menilai, kondisi tersebut tak bisa diterima oleh akal, hati siapapun di dunia. Karena itu dia pun mengajak masyarakat untuk mendoakan warga Rohingya.

“Mari kita doakan umat Islam Rohingya di Myanmar. Mari kita doakan mereka diberikan kekuatan ketabahan. Dan mari kita sama-sama yang di Indonesia sambut dan bantu mereka yang datang di tanah ini,” ucapnya.

“Mari kita pastikan kejadian ini tak boleh berlanjut, harus berhenti dan tak boleh berulang,” tuntasnya.

Pernyataan itu disampaikan Anies melalui tayangan video berdurasi 1 menit 19 detik yang dia unggah ke akun Instagram pribadinya. Hingga berita ini diturunkan, postingannya itu sudah disaksikan oleh lebih dari 22 ribu orang.

Pada kesempatan lain, eks Rektor Paramadina itu pun mengapresiasi sikap pemerintah Indonesia terhadap masalah tersebut. “Pemerintah Indonesia sudah progresif, menampung para pengungsi. Indonesia layak diberikan apresiasi,” ucapnya. (julian)

  • gook

    kowe sopooooooo ???