Tuesday, 20 November 2018

Melalui Kanvas, Pelukis Jakarta Ekpresikan Keprihatinan Palestina

Senin, 28 November 2016 — 11:45 WIB
Seniman Lukis Jakarta

JAKARTA (Pos Kota) – Puluhan seniman lukis Pasar Seni Ancol mengekspresikan kegalauannya terhadap nasib rakyat Palestina melalui kanvas.

Dalam perlombaan yang digelar untuk menyambut Hari Solidaritas Internasional bersama rakyat Palestina ini pada, Selasa (29/11), perlawanan dan keprihatinan terhadap nasib rakyat negara tersebut sangat kental tergambar.

Lomba lukis yang digelar Adara Relief International (Adara) sudah dimulai pada awal November lalu. Para pelukis yang tergabung dalam Forum Seniman Pasar Seni Ancol sudah mengawalinya dengan membuat kerangka berupa sketsa lukisan.

Dan kemudian kemudian pada Minggu (20/11) lalu merupakan acara puncak para seniman ini menyelesaikan karyanya.

“Karya yang dihasilkan merupakan bentuk ungkapan cinta, waktu yang panjang dalam proses melukisnya, seolah menandakan perlunya nafas panjang dalam membantu kemerdekaan Palestina,” tutur Ketua Adara, Nurjanah Hulwani, Senin (28/11).

Sebagai juri, Nurjanah mengajak dosen Institut Kesenian Jakarta, Bapak Aru dan Bapak Aji untuk menilai karya yang dihasilkan 20 seniman lukis ini.

Adapun dalam lomba lukis tersebut, Juara Pertama diberikan kepada Deni Bojong dengan mengambil tema Hiduplah dengan Merdeka, Palestina. Kemudian, Juara Kedua disematkan kepada Nasimin dengan tema, Doa Untuk Bangsa dan Agamaku. Terakhir, Juara Ketiga, dinobatkan kepada Nazili yang mengambil tema Kemerdekaan Yang Terbelenggu.
(guruh/sir)