Monday, 24 September 2018

Dukun Pengganda Uang, Ditangkap

Selasa, 29 November 2016 — 10:44 WIB
Ilustrasi Borgol

Ilustrasi

BOGOR (Pos Kota) – Mengaku bisa gandakan uang, pemuda ini berurusan dengan polisi. Ia ditangkap petugas atas laporan seorang warga yang menjadi korban ke Mapolsek Ciampea.

Dari dalam rumah pelakubdi Desa Cihideng Udik Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor, polisi menyita barang bukti berupa 1 kujang kecil, logam bulat, 8 lembar uang kertas pecahan seratus ribu, 1 lembar dolar singapura, 2 lembar real mata uang Arab, 2 koin Malaysia dan 1 buah batu.

Kapolsek Ciampea, Kompol I Nyoman Yudhana kepada wartawan mengatakan, S, 21, diamankan karena diduga melakukan penipuan dengan mengaku sebagai dukun pengganda uang. Sepak terjang pelaku hingga berurusan dengan hukum bermula dari laporan Sugandi 50, yang mengaku telah tertipu hingga Rp78 juta.

“Ada laporan warga yang menjadi korban penipuan. Kami tindaklanjuti laporan korban dan mengamankan pelaku bersama sejumlah barang bukti,”kata Kompol Nyoman, Selasa (29/11/2016).

Pelaku memperdaya korban dengan cara mengaku memiliki ilmu perdukunan yang mampu menggandakan uang, menyembuhkan penyakit bawaan maupun santet, melariskan usaha dan gampang cari jodoh.
“Setelah itu pelaku meminta uang kepada korban. Besar kecilnya uang, tergantung dari masalah yang diminta korban,”ujarnya.

Pelaku sudah ditahan guna menjalani pemeriksaan. Jika terbukti, tersangka akan dijerat Pasal 378 KUHP tentang penipuan dengan ancaman pidana penjara 4 tahun.

“Saya imbau ke masyarakat, jangan percaya jika ada orang yang mengaku bisa gandakan uang. Kalau punya uang ke bank saja nabung. Tidak mungkin duduk santai lalu dapat uang berlimpah,”papar Nyoman.

(yopi/sir)