Monday, 24 September 2018

Gagal ke Final Miss Minnesota, Gadis Berhijab Ini Tetap Dipuji

Selasa, 29 November 2016 — 10:57 WIB
Halima Aden saat mengikuti kontes Miss Minnesota. (twitter startribune)

Halima Aden saat mengikuti kontes Miss Minnesota. (twitter startribune)

AS – Halima Aden, perempuan keturunan Somalia, gagal maju ke final Miss Minnesota. Ia sebelumnya mendapat sambutan karena tampil berhijab semala kontes berlangsung.

StarTribune malaporkan perempuan 19 tahun itu adalah muslim pertama berhijab yang maju dalam kompetisi itu. Ia bersaing dengan kontestan lain dan berada di urutan 15 serta berhasil sampai ke semifinal. Namun, ia gagal maju ke lima besar atau babak final.

Saat mengenakan burkini, ia mendapat tepukan meriah hadirin. “Dia membuat sejarah malam ini,” tulis Liz Sawyer, jurnalis StarTribune dalam twitter-nya.

halima aden (twitter starTribune)
Halima Aden saat memperkenalkan diri dalam ajang kontes Miss Minnesota, Amerika Setikat. (twitter lizsawyer)

Sebelumnya, ia mejadi pusat perhatian setelah selalu mengenakan hijab selama kompetisi. Dalam ajang tersebut, ia juga memakai jubah mandi (burkini) yang menutup seluruh tubuh serta gaun malam panjang tertutup.

(Baca: Halima Aden Hijaber Pertama di Kontes Kecantikan USA)

“Banyak yang akan melihatmu dan tak bisa melihat kecantikanmu karena pakaian yang tertutup, orang-orang juga tak terbiasa dengan ini. Saya juga memberi kesempatan pada orang yang benar-benar mengenal saya, selain baju yang saya pakai,” katanya. (yp)