Tuesday, 24 April 2018

Posisi Mourinho Kian Tertekan

Selasa, 29 November 2016 — 6:25 WIB
Jose Mourinho (reuters)

Jose Mourinho (reuters)

INGGRIS– Hasil imbang 1-1 yang diraih Manchester United (MU) saat menjamu West Ham United, Minggu (27/11) malam WIB, melengkapi catatan terburuk tim berjuluk Setan Merah itu dalam mengawali musim kompetisi Liga Primer Inggris sejak 1990-91 silam. Hal itu membuat posisi Jose Mourinho di bangku pelatih, kian tertekan.

Pada musim 1990-91 silam, MU mengawali musim dengan raihan 21 poin dari 13 laga pertamanya. Saat itu mereka terkena pengurangan satu angka setelah terlibat keributan saat bertanding dengan Arsenal di laga sebelumnya. Sejak saat itu, MU terus bangkit di bawah asuhan Sir Alex Ferguson, sebelum kembali mengalami kesulitan dalam asuhan David Moyes dan Louis van Gaal.

Puncaknya, MU harus mengalami periode terburuk di bawah asuhan Mourinho, musim ini. Dari 13 laga yang sudah dilakoni, MU hanya mampu meraih 20 poin usai ditahan West Ham 1-1 di Old Trafford.

Setan Merah bahkan tertinggal 11 angka dari pimpinan klasemen, Chelsea. Skuad Mourinho bahkan hanya unggul 12 poin dari penghuni dasar klasemen, Sunderland.

MENGALAMI KESULITAN

“Ini adalah klub besar dan setiap klub harus mengalami kesulitan sebelum bisa menjadi klub besar dan kami tengah mengalami hal itu sekarang. Tapi saya tetap yakin tim ini menuju ke sana. Kami juga tahu bagaimana bisa menangani tim untuk menuju tangga juara,” kata asisten pelatih MU, Rui Faria yang tetap optimis akan kemampuan Mourinho dalam menangani sebuah tim besar.

Ironisnya, kondisi tersebut justru diperparah dengan ulah Mourinho yang diusir dari bangku pelatih saat menjamu West Ham. Ia diusir setelah menendang sebuah botol air ketika wasit Jon Moss mengeluarkan kartu kuning untuk gelandang Paul Pogba karena sengaja menjatuhkan dirinya.

Dalam laga itu, MU tertinggal lebih dulu lewat gol Mamadou Sakho (2″), sebelum mereka bisa terhindar dari kekalahan, berkat gol Zlatan Ibrahimovic (21″). Itu merupakan kedua kalinya Mourinho diusir wasit dalam waktu satu bulan belakangan di Old Trafford.

Sebelumnya, dengan wasit yang sama, pelatih asal Portugal itu pernah diusir saat masih mengasuh Chelsea pada Oktober 2015 lalu. West Ham kembali akan menyambangi Old Trafford pada babak perempatfinal Piala Liga, Kamis (1/12) dinihari WIB.

West Ham sendiri kini menempati urutan 16 dengan 12 poin. Tim besutan Slaven Bilic itu terpaut tiga angka di bawah AFC Bournemouth yang kalah 1-3 dari Arsenal pada hari yang sama. Di laga lainnya, Everton terpaut satu angka di bawah MU usai kalah 0-1 dari tuan rumah Southampton dan Watford takluk 0-1 dari Stoke City. (junius)