Tuesday, 18 September 2018

Belanda Susul Prancis Terapkan Larangan Pemakaian Burka

Rabu, 30 November 2016 — 8:55 WIB
Ilustrasi. (reuters)

Ilustrasi. (reuters)

BELANDA – Larangan pemakaian burka di tempat umum, mulai diberlakukan di berbagai negara Eropa. Setelah Prancis dan Belgia, giliran Belanda yang menerapkan peraturan tentang pakaian yang biasa dikenakan umat muslim tersebut.

Dilansir Reuters, Rabu (30/11/2016), parlemen Belanda telah telah mengesahkan rancangan undang-undang pelarangan burqa terebutancang-ancang untuk melarang pemakaian burka (pakaian perempuan yang menutupi seluruh tubuh termasuk wajah).  Namun, rancangan tersebut masih membutuhkan perseujuan senat untuk menjadikannya undang-undang yang mengikat, aturan itu masih memerlukan persetujuan senat.

Dalam ruu yang dibuat, disebutkan area terlarang untuk pemakaian burka antara lain; gedung-gedung pemerintah, transportasi umum, sekolah dan rumah sakit. Kelompok yang pro terhadap aturan itu menyatakan, larangan pemakaian burqa sangat penting bagi keamanan Belanda.

Usulan larangan pemakaian burka sudah lama dikemukakan Partai anti-Islam, Partai Freedom yang dipimpin Geert Wilders. Nantinya, jika sudah disahkan sebagai UU, makan diberlakukan denda sebesar 405 Euro bagi yang melanggar aturan. (embun)