Saturday, 23 September 2017

Menang 2-1 atas Vietnam Indonesia Belum Aman

Sabtu, 3 Desember 2016 — 21:10 WIB
Supoter pendukung Indonesia dari Cirebon datang menghadiri acara pertandingan AFF semi final di Stadion Pakan Sari. (Angga)

Supoter pendukung Indonesia dari Cirebon datang menghadiri acara pertandingan AFF semi final di Stadion Pakan Sari. (Angga)

BOGOR (Pos Kota) – Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam pada leg pertama semifinal Piala AFF 2016 pada laga yang digelar di Stadion Pakansari Bogor, Cibinong, Jawa Barat, Sabtu (3/12) malam WIB.

Hasil ini jadi modal positif untuk menghadapi Vietnam di leg kedua 7 Desember nanti jika Indonesia ingin masuk final. Hanya saja Vietnam diuntungkan dengan gol tandang. Pasalnya hanya menang 1-0 saja di kandang, Vietnam yang akan masuk final menghadapi pemenang Thailand lawan Birma.

Indonesia unggul cepat pada menit ketujuh lewat gol Hansamu Pranata. Gol ini berawal dari tendangan sudut yang dilakukan oleh Rizky Pora. Pranata yang berlari dari belakang mampu menyundul bola dan merobek gawang Vietnam.

Namun tidak lama kemudian, Vietnam menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat tendangan penalti
Nguyễn Văn Quyết pada menit ke-17. Tendangan penalti ini diberikan oleh wasit asal Australia ketika Beny Wahyudi mendorong pemain Vietnam Le Cong Vinh.

Meski diprotes pemain-pemain Indonesia tetap saja wasit menunjuk titik putih. Bahkan Beny Wahyudi diganjar kartu kuning. Nguyễn Văn Quyết yang jadi alogojo sukses mengelabui Kurinia Mega. Hingga babak pertama usai kedudukan tetap 1-1.

Memasuki babak kedua pemain-pemain Indonesia yang ditonton langsung oleh Presiden Jokowi di stadion tampak bertambah semangat. Mereka sudah mulai berani menyerang. Andik Virmansyah dan Boas bahu membahu mengepung pertahanan Vietnam.

Indonesia akhirnya unggul 2-1 lewat tendangan penalti Boas. Awalnya Rizky Pora yang menggiring bola dilanggar keras oleh Ngoc Hai di kotak penalti. Wasit pun memberikan tendangan penalti untuk Indonesia. Boas yang maju jadi algo sukses sehingga unggul 2-1.

Tertinggal, Vietnam meningkatkan serangan. Pertahanan Indonesia terus dikurung. Beberapa tercipta peluang. Namun kiper Indonesia Kurnia Mega bermain bagus sehinga Indonesia menang 2-1 hingga wasi meniup pluit tepat setelah 94 menit laga berlangsung. (B)