Monday, 20 November 2017

Ratusan Trotoar Segera Diperlebar

Minggu, 4 Desember 2016 — 19:23 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA (Pos Kota) – Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Yusmada Faizal, berharap ratusan proyek pelebaran trotoar pada APBD 2017 nanti semuanya bisa direalisasi. Adapun anggaran tahun ini, dari 48 proyek serupa yang berhasil dilaksanakan 42, sedangkan enam proyek diundur tahun depan.

“Pada tahun 2017, kami punya banyak proyek pelebaran trotoar di seluruh wilayah Jakarta,” kata Yusmada di Jakarta, Minggu (4/12). Pelebaran trotoar ini untuk meningkatkan kenyamanan para pejalan kaki. “Tujuannya agar pejalan kaki tidak berada di badan jalan yang membahayakan diri maupun orang lain. Namun mereka bisa lebih leluasa berjalan di atas fasilitas sebagaimana mestinya,” tambahnya.

Ia mencontohkan proyek pelebaran trotoar yang sudah jadi adalah yang berlokasi di depan RSCM Jalan Imam Bonjol, Jakpus. Sedangkan proyek di kawasan Tanah Abang, di sekitar perempatan Jati Baru saat ini baru selesai sekitar 60 persen. “Di sana trotoarnya juga diperluas sehingga pejalan kaki lebih aman dan nyaman,” papar Yusmada.

Menurutnya pada tahun ini dari 48 proyek yang dikerjakan 42, karena enam di antaranya terkendala proyek lain. Misalnya, di lokasi tersebut sedang ada pembangunan fly over, sehingga diundur tahun berikut. “Adapun tahun depan kami punya ratusan proyek serupa dan mudah-mudahan bisa direalisasi semua,” harapnya. (joko)