Tuesday, 25 July 2017

Airin: Pemkot Tangsel Akan Bangun Lima Puskesmas Baru

Selasa, 6 Desember 2016 — 11:10 WIB
Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany saat meninjau pelayanan di Puskesmas Pondok Betung. (anton)

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany saat meninjau pelayanan di Puskesmas Pondok Betung. (anton)

TANGERANG (Pos Kota) – Dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik ke masyarakat, Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel)  akan membangun lima unit Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) hingga tahun 2021 mendatang.

“Rencana pembangunan Puskesmas memang sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2016 – 2021 tapi dilakukan secara bertahap,” kata Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany didampingi Kepala Dinas Kesehatan setempat Suharno dan Kepala Bidang Promosdi Kesehatan setempat, IIn Sofiawati, Selasa (6/12).

Jumlah keberadaan Puskesmas di Kota Tangsel sampai saat ini ada 30 unit puskesmas dan tahun 2016 ini baru selesai idkerjakan tiga gedung baru. uNtuk tahun 2017 mendatang hanya satu Puskesmas yang akan dibangun yaitu Puskesmas Kelurhan Pakulonan, Serpong.

Sedangkan tiga puskesmas yang telah selesai dibangun tahun 2016 ini anatar lain Puskesmas Lengkong Wetan, Serpong, PUskesmas Bambu Apus dan Puskesmas Pondok Cabe Ilir, Pamulang, tuturnya sekarang tinggal pengisian meubeler saja. Untuk lanjutan pembangunan Puskesmas yang tertunda sejak anggaran tahun 2015 ada dua puskesmas yaitu Puskemas Pamulang Timur dan Puskesmas Pamulang.

“Untuk Puskesmas Pamulang yang semula hanya dua lantai kini dibangun menjadi lima lantai seperti rumah sakit dengan ruang rawat inap, kamar bersalin, ruang operasi dan lainnya serta menggunakan lift,” tambah Iin Sofiawati.

Menegnai petugas atau sumber daya manusia (SDM) yang akan dipergunakan di puskesmas tersebut pihak Dinkes Kota Tangsel sudah tak menemui kendala karena rekrutmen SDM sudah dilakukan jauh hari dan selama ini dititipkan di puskesmas yang ada di Kota Tangse ini dimaksdukan agar mereka tak lagi kaget saat ditempat di Puskesmas Pamulang. (anton/win)