Thursday, 20 September 2018

Dokter dan Perawat Demo Tuntut Gaji, 100 Pasien Rumah Sakit Jiwa Kabur

Selasa, 6 Desember 2016 — 13:44 WIB
Petugas kepolisian Kenya berusaha menghalau pasien rumah sakit jiwa yang hendak kabur. (ist/AFP)

Petugas kepolisian Kenya berusaha menghalau pasien rumah sakit jiwa yang hendak kabur. (ist/AFP)

KENYA – Kepolisian kenya harus bekerja ekstra, karena harus menangkap 100 pasien rumah sakit jiwa (rsj) yang kabur saat para dokter dan perawat mengikuti aksi mogok kerja untuk menuntut kenaikan gaji.

“Kami sudah menangkap puluhan dari ratusan pasien yang kabur,” ucap komandan Kepolisian Nairobi Japheth Koome kepada AFP. “Para dokter mengacaukannya dengan meninggalkan para pasien,” sambungnya.

Dalam sejumlah video yang beredar di media sosial, terlihat pasien RSJ memanjat tembok rumah sakit dan berlarian ke jalan raya di ibu kota.

Para dokter, apoteker, dokter dan perawat Kenya melakukan aksi mogok kerja pada Senin (5/12/2016) setelah perundingan antara serikat pekerja dan pemerintah mengenai kenaikan gaji gagal mencapai kesepakatan.

Jika tuntutan mereka tidak juga dipenuhi, mereka mengancam akan menjalankan aksi demonstrasi lebih besar lagi.  “Tidak ada intimidasi, tidak ada propaganda yang akan membuat kami mengubah tekad kami,” kata Ketua Serikat Praktisi Medis, Ahli Farmasi dan Dokter Gigi Kenya, Samuel Oroko. “Publik harus bersiap untuk demonstrasi terpanjang yang pernah ada,” tegasnya. (embun)