Tuesday, 23 October 2018

Harga Sembako Masih Stabil, Tapi Jelang Natal Naik

Selasa, 6 Desember 2016 — 7:45 WIB
Harga sembako di Pasar Senen masih stabil

Harga sembako di Pasar Senen masih stabil

JAKARTA (Pos Kota) – Menjelang Natal dan Tahun Baru, harga sayur-mayur dan daging di sejumlah pasar tradisional Jakarta Pusat masih terbilang stabil. Meski demikian, pedagang menyakini kenaikan harga pasti akan terjadi sebagaimana tahun-tahun sebelumnya.

“Untuk saat ini belum (naik, red) masih stabil, tapi nanti pasti naik dekat-dekat harinya,” ucap H.Toto, pedagang sayuran di Blok 3 Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin (5/12). Kenaikan harga sendiri, biasa terjadi di atas sekitar tanggal 20 Desember hingga mencapai 50 persen.

Sementara itu, jelas H.Toto, untuk harga sayuran yang masih stabil tidak ada kenaikan hingga saat ini seperti cabe kriting merah Rp60/Kg ribu, cabe merah besar Rp50/Kg, rawit hijau Rp45 ribu/Kg, cabe hijau Rp30 ribu/Kg.

“Kalau harga bawang ada kenaikan dan penurunan. Yang turun harga bawang merah, dari Rp40 ribu perkilogram menjadi Rp35 ribu perkilogram, dan yang naik bawang putih dari harga Rp30 ribu perkilogram menjadi Rp35 ribu perkilogram,” ungkapnya.

Selain harga bawang putih, kacang panjang naik dari Rp10 ribu/Kg menjadi Rp15 ribu/Kg serta terong dari Rp5 ribu/Kg menjadi Rp10 ribu/Kg. “Pedagang tidak bisa menyetok karena bakal busuk, tidak seperti dagangan lain,” jelasnya.

Untuk daging sapi sendiri, saat ini harga di pasaran masih normal yakni daging sapi lokal Rp85 ribu/Kg dan daging sapi import Rp115 ribu/Kg. “Kenaikan harga biasa terjadi beberapa hari mau Natal, kalau Tahun Baru tidak,” kata Jen, pedagang daging. (deny)