Monday, 17 December 2018

BNPB: Bantuan untuk Korban Gempa Aceh Berjalan Lancar

Rabu, 7 Desember 2016 — 17:29 WIB
Gempa yang melanda Kabupaten Pidie Jaya, Aceh.  (reuters)

Gempa yang melanda Kabupaten Pidie Jaya, Aceh. (reuters)

JAKARTA (Pos Kota) – Pengiriman bantuan untuk korban bencana gempa di Pidie, Aceh, berjalan lancar. Dengan begitu, penanganan korban bencana tersebut bisa segera diatasi dengan baik.

Kepala Data dan Informasi Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwonugroho, mengatakan sejauh ni pengiriman bantuan masih belum menemui hambatan. “Daerah terdampak gempa yang paling parah sekalipun, masih dapat dilalui oleh kendaraan, mudah-mudahan penanganan korban bisa dilakukan secara maksimal,” katanya, Rabu (7/12/2016).

Dikatakan Sutopo, meski beberapa jalan mengalami retak-retak, namun masih bisa dilalui. Sehingga, tidak ada kondisi yang terisolir dan tak ada kesulitan mendistribusikan bantuan. “Bantuan bisa segera didistribusikan langsung, tak ada kendala apa-apa,” ungkapnya.

(Baca: Koarmabar Siagakan KRI Bantu Warga Korban Gempa)

Saat ini, kata Sutopo, ribuan personel tim gabungan dari TNI, Basarnas, Relawan dan BPBD setempat sudah dikerahkan untuk menangani hal tersebut. Selain itu, Kepala BNPB bersama pejabat dari BNPB, Kementerian PU Pera, Kementerian Sosial, Kementerian Kesehatan, dan Tagana, akan tiba dilokasi. “Semuanya dalam perjalanan menuju Pidie Jaya untuk melakukan bantuan penanganan darurat,” ujarnya. (ifand/yp)