Sunday, 23 September 2018

Wilayah Banten Rawan Longsor dan Banjir

Rabu, 7 Desember 2016 — 9:24 WIB
Dokumentasi, banjir di tol wilayah Banten.

Dokumentasi, banjir di tol wilayah Banten.

SERANG (Pos Kota) – Wilayah Banten Selatan, yakni Kabupaten Lebak dan Pandeglang yang merupakan daerah pegunungan dan perbukitan menjadi daerah rawan longsor. Terutama saat musim penghujan datang.

“Kita harapkan tidak terjadi. Kalau data potensi bencana ada di mabupaten lebak, Pandeglang, Kabupaten Serang yang memang kontur tanah di atas kemiringan 35 derajat,” kata Sumawijaya, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten, Selasa (06/12).

Sedangkan untuk wilayah rawan banjir, lanjut Sumawijaya, hampir seluruh wilayah Banten menjadi daerah rawan yang harus diwaspadai saat musim penghujan tiba. Seperti di Kabupaten Serang berada di sekitar Anyer dan Kecamatan Mancak yang terkena luapan dari Sungai Cidanau.

Lalu, Kabupaten Pandeglang ada disekitar Kecamatan. Carita, Labuan, dan Panimbang. Kabupaten Lebak rawan bencana banjir berada di Kecamatan Wanasalam dan Banjarsari.

“Di kita ada peta bencana banjir, itu dominannya di Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Serang, Kabupaten Serang. Itu peta bencana di Banten,” tegasnya.

Sebelumnya sempat diberitakan banjir menerjang Kabupaten Serang dengan ketinggian mencapai satu meter yang mengakibatkan ribuan Kepala Keluarga (KK) harus mengungsi. Sedangkan bencana longsor menerjang Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak, Banten dan mengakibatkan dua orang tewas.

Menurut surat edaran dari BMKG Klas 1 Serang, Provinsi Banten diprediksi akan diguyur hujan lebat disertai angin kencang dan kilat hingga tanggal 06 Desember 2016 hari ini. (haryono)