Wednesday, 17 October 2018

Cristo/Justin Terhenti di Semifinal Seri II Combiphar Tennis Open 2016

Sabtu, 10 Desember 2016 — 13:05 WIB
Ganda Cristo/Justin yang terhenti di semifinal. (prihandoko)

Ganda Cristo/Justin yang terhenti di semifinal. (prihandoko)

JAKARTA (Pos Kota) – Harapan terakhir kubu tuan rumah, pasangan Justin Barki (16)/Christopher Rungkat (26), akhirnya  terhenti di semifinal Indonesia F5 ITF Men’s Futures berlabel Combiphar Tennis Open 2016. Kombinasi petenis junior senior itu, kandas di tangan unggulan ketiga  Issei Okamura/Kento Takeuchi (Jepang)  melalui laga super tie break, 6-7(2) 7-6(3) (6-10).

Kendati kalah, Justin/Christo memberikan perlawanan sengit yang menghibur penonton di lapangan tenis Hotel Sultan Jakarta.“Ini pelajaran yang sangat baik bagi Justin sebagai petenis yang baru memulai karier di level turnamen Men’s Future seperti ini. Dia harus mengalami laga yang ketat hingga mampu mengatasi momen-momen kritis yang terjadi dalam pertandingan,” tutur Christo usai laga berdurasi satu jam 30 menit ini.

Duet Merah Putih itu pun memiliki peluang untuk memenangi partai semi final kedua dari tiga turnamen yang telah mereka lakoni. Di game kedelapan set pertama saat unggul 4-3, Justin/Christo tak mampu melakukan break meskipun telah unggul 40-0.

“Sepenuhnya ini masalah jam terbang, ganda Jepang itu telah kenyang berkompetisi di ajang seperti ini. Mereka lebih fokus hingga mampu mengambil poin-poin penting,” ucap Christo yang telah mengoleksi 31 gelar juara ganda kejuaraan yang digelar Federasi Tenis Internasional (ITF) itu.

Justin pun mengamini ucapan sang senior yang menjadi mentornya di lapangan. Keberhasilan pasangan ini menembus semifinal turnamen yang menyediakan total hadiah 30.000 dollar AS atau sekitar Rp 400 juta itu adalah prestasi terbaik petenis tuan rumah hingga seri kedua. Justin/Christo bakal kembali tampil di seri ketiga yang menjadi penutup gelaran Combiphar Tennis Open 2016.

Dominasi Jepang

Sementara itu, wakil Jepang merajalela di sektor tunggal. Petenis-petenis asal Negeri Matahari terbit itu sukses menguasai tiga tempat di babak semi final. Juara seri pertama, Shintaro Imai bakal terlibat perang saudara dengan unggulan keempat, Yusuke Takahashi di babak empat besar.

Petenis Perancis, Enzo Couacaud menjadi satu-satunya semifinalis non Jepang. Runner up seri pertama yang menempati posisi unggulan kelima itu akan menantang seeded kedua, Makoto Ochi. (prihandoko/mb)