Friday, 23 June 2017

Penat dan Sesak Perlu Selingan Alam, Ini Tempatnya

Minggu, 11 Desember 2016 — 9:52 WIB
mangrove kapuk

BANYAK tempat wisata di sekitar Ibu Kota Jakarta dengan berbagai suasana. Tapi, mungkin ada yang terlewatkan, terutama tempat-tempat wisata yang membawa pengunjung ke suasana alam. Maklum suasana di kantor, di jalan dan mungkin juga di lingkungan yang terasa sibuk dan sesak, perlu diselingi dengan suasana alam.
Ada beberapa lokasi alam yang ada di sekitar Jakarta diantaranya adalah

1. Situ Babakan

Situ Babakan ini akan memberi suasana alam bagi para pengunjungnya. Selain banyak pepohonan yang rindang juga ada danau yang menambah suasanya menjadi tentram. Suara berbagai burung di pepohonan menambah nuansa alam yang asri. Di tempat wisata ini pengunjung akan dibawa ke suasanya kampung halaman denga banyaknya pepohonan seperti Mangga, Pandan, Palem, Jamblang, Melinjo, Kecapi, Jambu, Krendang, Nam-nam, Buni, Cimpedak, Nangka, Jengkol dan lainnya.

Jajanan khas Betawi juga menambah suasana tempat wisata ini membawa pengunjung ke suasanan perkampungan Tempo Doeloe. Pengunjung akan mudah mendapatkan dodol Betawi, Kerak Telor dan lainnya. Untuk mengunjungi tempat ini juga tidak perlu biaya mahal, paling untuk mebayar parkir dan jajan.

2. Taman Wisata Alam Angke Kapuk

Taman wisata ini sangat alami terutama sebagai taman wisata tanaman mangrove. Bahkan bisa dibilang hutan belukar tanaman mangrove. Tapi jangan khawatir, semua sudah tertata sangat rapi sebagai kawasan wisata kelas atas. Wisatwan yang akan menyusuri hutan mangrove akan nyaman berjalan melalui jembatan rapi dari papan kayu.

Menyusuri kawasan ini juga tidak terasa lelah hingga tahu-tahu sudah berjalan masuk ke area hutan mangrove yag jauh meninggalkan gerbang. Itu juga karena rimbun dan alaminya taman wisata yang memiliki lahan seliuas 99,82 hektar ini. Taman Wisata ini juga menyiapkan paket wisata.

3. Kebun Binatag Ragunan.

Taman Satwa ini masih menjadi idola warga Jakarta. Selain murah tiket masuknya, area taman seluas 147 hetar ini diyakini mampu megubah kepenatan warga dari kejenuhan bekerja. Lokasinya yang berada di tengah kota memudahkan warga untuk mengunjunginya. Apalagi berbagai moda transportasi yang mengarah ke kawasan itu memberi kemudahan tersendiri.

Tiket masuk yang murah juga menjadi pilihan terbaik bagi semua lapisan masyarakat untuk berwisata bersama keluarga besar di rindangnya pepohonan yang tak kurang dari 50 ribu batang itu. Tiket yang hanya Rp5000 bisa jadi terlalu murah untuk bisa menikmati keindahan alam yang luar biasa ini.

4. Graha Wisata Taman Pramuka Cibubur

Lokasinya sangat mudah dijangkau apabila menggunakan kendaraan roda empat karena persis di depan pintu gerbang Tol Cibubur. Tapi jug tidak harus dengan mobil pribadi, karena banyak angkutan yang keluar melalui pintu tol ini baik dari arah Jakarta maupun Bogor.

Pengunjung bisa menghabiskan waktunya seharian di lokasi yang asri dengan luas lahan 210 hetar ini. Tidak hanya berwisata alam tetapi juga bisa berolah raga. Jalan-jalan setapak dan jalan beraspal menjadi track untuk jogging atau lari dengan udara alam yang menyegarkan.

Ada juga danau yang bisa menjadi area bermain anak-anak. Tersedia pula tempat penginapan di area ini. Tapi kalau mau menikmati suasana malam di alam terbuka bisa juga meyewa tenda dan memasangnya. Untuk masuk ke kawasan ini tiketnya hanya Rp5000 dan anda bebas keliling sampai lelah.

5. Taman Kandang Jurank Doank
Temmpat wisata ini diinisiasi oleh musisi Dik Doank tahun 1993. Awalnya adalah untuk sekolah alam yang menampung anak-anak kurang mampu di kawasan itu. Tapi seiring dengan berjalannya waktu, lokasi itu selain tetap menjadi sekolah alam juga berkembang seperti sekarang sebagai salah satu lokasi wisata.

Tempatnya yang asri dan penuh dengan pepohonan itu berada di kawasan Ciputat, Tengerang Selatan. Untuk masuk ke kawasan ini tidak dipungut biaya alias gratis. Tapi untuk menikmati sejumlah wahana ada paket yang harus dibayar.(*)