Tuesday, 20 August 2019

Kuasa Hukum Hatta Taliwang Ajukan Penangguhan Penahanan

Senin, 12 Desember 2016 — 13:53 WIB
Tim kuasa hukum Hatta Taliwang. Akhmad  Leksono, kanan, pegang kertas. (yendhi)

Tim kuasa hukum Hatta Taliwang. Akhmad Leksono, kanan, pegang kertas. (yendhi)

JAKARTA (Pos Kota) – Kuasa Hukum Hatta Taliwang tersangka dugaan pelaku pelanggar Undang-Undang ITE, Advokad Cinta Tanah Air (ACTA), mendatangi Ditreskrimsus Polda Metro Jaya untuk mengajukan penangguhan penahanan kliennya.

Wakil ACTA, Akhmad Leksono, mengatakan bahwa mereka mencamtumkan beberapa hal dalam berkas penangguhan penahanan kali ini. Salah satunya adalah ungkapan Hatta Taliwang untuk siap kooperatif selama mejalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya.

“Ada beberapa yang kita cantumkan disini, pertama kooperatif, usia yang sudah lanjut dan semua alat bukti tindak pidana yang dituduhkan kepada klien kami telah disita. Pak Hatta Taliwang siap berikan keterangan kapanpun sepanjang diminta oleh Kepolisian,” ujar Akhmad Leksono di Mapolda Metro Jaya, Senin, (12/12/2016).

Selian itu, dia juga menyebut bahwa kliennya tersebut tidak akan melarikan diri mengingat usianya yang sudah lanjut.

“Kedua usia beliau hari ini sudah 63 tahun dan beliau sudah tidak mungkin melompat ke satu pagar pun atau lari. Andai kata lari logikanya tidak mungkin,” imbuhnya.

Atas pertimbangan beberapa hal yang mereka cantumkan tersebut, Akhmad yakin jika Polda Metro Jaya akan mengabulkan penangguhan penahanan terhadap kliennya.

“Kami melihat secara optimis upaya hukum penangguhan penahanan sudah diatur dalam mekanisme. Kami sudah melakukan komunikasi dengan pihak kepolisian. Selanjutnya lihat perkembangan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya menagkap Hatta Taliwang di Rusun Benhil, Jakarta Pusat, Kamis, (8/12/2016) dini hari. Dia diduga telah melanggar Pasal ITE dengan memposting di Facebooknya yang berbau SARA.

Mantan Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu di menulis dalam akun Facebooknya sehingga dijerat Pasal 28 ayat 2 Jo Pasal 45 ayat 2 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE.

Tak hanya itu, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Mochamad Iriawan mengatakan jika Hatta Taliwang juga terindikasi kasus makar.

“Yang bersangkutan diindikasikan terlibat kasus UU ITE dan makar. Percobaan makar ada pidananya. Hari ini masih diperiksa,” kata Iriawan di Ancol, Jumat, (9/12/2016) lalu.
(yendhi/sir)