Wednesday, 19 September 2018

Djarot : RPTRA Dikembangkan Untuk Lansia

Rabu, 14 Desember 2016 — 21:10 WIB
Calon Wakil GUbernur DKI, Djarot Saiful Hidayat, meninjau RPTRA di Jalan Mulia, Cempaka Putih Utara, Kemayoran, Jakarta Pusat, disela blusukan ke wilayah tersebut, Rabu (14/12).(toga)

Calon Wakil GUbernur DKI, Djarot Saiful Hidayat, meninjau RPTRA di Jalan Mulia, Cempaka Putih Utara, Kemayoran, Jakarta Pusat, disela blusukan ke wilayah tersebut, Rabu (14/12).(toga)

JAKARTA (Pos Kota) – Calon Wakil Gubernur DKI, Djarot Saiful Hidayat, menyempatkan diri meninjau Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di Jalan Mulia, saat blusukan ke Cempaka Putih Utara, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (14/12). Bukan hanya sebagai sarana bermain anak, namun fasilitas tersebut akan dikembangkan bagi warga lanjut usia (lansia).

Menurut Djarot, berbagai fasilitas RPTRA yang ada saat ini masih banyak yang harus dilengkapi. Nantinya setiap RPTRA dikatakan kontestan pemilihan nomor dua akan dilengkapi musala. “Kita ini ada fasilitas umum seperti musala. Tidak hanya itu penempatan posko pemadam kebakaran juga dilakukan di tempat itu,” ungkap Djarot.

Lebih lanjut Djarot menambahkan penyediaan sarana bagi lansia dinilai perlu juga disediakan di RPTRA. Mengingat dengan indek harapan hidup warga Jakarta saat ini telah meningkat. Artinya ke depan akan terdapat banyak lansia di ibukota. “Ini harus kita pikirkan. Dan harus ada penanganan pelayanan bagi lansia,” tukasnya. Bagi lansia yang masih produktif, yang dibersangkutan dapat dipekerjakan.

Adapun saat ini di Jakarta telah terdapat 182 lokasi RPTRA. Rencananya setiap kelurahan tersedia ruang terbuka ini. “Penyediaan RPTRA bagian dari upaya saya dengan Pak Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memberikan ruang bermain dan interaksi warga,” ungkapnya.

Adanya RPTRA ini sekaligus bagian dari program Pemprov DKI melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas bagi Jakarta. “Sarana ini bukan hanya fasilitas bermain, namun juga pendidikan bagi warga. Termasuk penyediaan layanan bagi ibu hamil,” pungkasnya.(guruh)