Tuesday, 25 July 2017

Bertemu Greenpeace, Anies Janji Tidak Lanjutkan Reklamasi

Jumat, 16 Desember 2016 — 23:34 WIB
Anies Baswedan audiens dengan Greenpeace Indonesia,

Anies Baswedan audiens dengan Greenpeace Indonesia,

JAKARTA (Pos Kota) – Mengatasi isu lingkungan di ibukota, calon Gubernur Anies Basewdan, melakukan audiens dengan Greenpeace Indonesia, Jumat (16/12). Hal tersebut dilakukan untuk memperbaiki Jakarta yang saat ini lingkungannya semakin rusak.

Permasalahan yang dipaparkan Greenpeace Indonesia kepada Anies paling banyak persoalan lingkungan ibukota. Hal itu harus menjadi fokus calon gubernur nomor urut 3 ini untuk segera memperbaikinya bila nanti dipercaya memimpin Jakarta.

Perwakilan dari Greenpeace Indonesia, Hindun Mulaika memaparkan, permasalahan lingkungan Jakarta saat ini antara lain, reklamasi yang harus dihentikan, pengelolaan sampah, penggunaan plastik, Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang minim, dan banjir. “Akibat semua itu, lingkungan di ibukota menjadi rusak,” katanya, Jumat (16/12).

Atas permasalahan itu, Anies menanggapi berbagai permasalahan lingkungan tersebut dengan beberapa solusi. Reklamasi, tegas Anies, tidak akan dilanjutkan. Sampah akan mulai dikelola sejak dari rumah tangga, komunitas, hingga kota. “Selain itu, pengelolaan sampah oleh pemerintah akan dilakukan melalui penerapan bank sampah,” ungkap Anies.

Terkait persoalan banjir, Anies menilai, akan melakukan pendekatan menyerap sebanyak-banyaknya ke tanah agar tidak hanya mengalir. Karena dengan banyaknya penyerapan, dinilai mantan menteri Pendidikan ini akan membuka RTH. “Kami juga berencana mengadakan kompetisi warga agar bisa memanfaatkan RTH yang ada,” ujar Anies.

Namun yang lebih penting, Anies akan menekan isu polusi udara di Jakarta. Pasalnya, Greenpeace Indonesia menilai menyumbangkan dampak kesehatan serius di ibukota. Mulai dari kanker dan pernafasan, selama ini menghantui warga Jakarta. “Polusi udara yang paling berbahaya. Ada beberapa wilayah di Jakarta yang saya datangi ketika kampanye, membuat saya sakit tenggorokan. Itu yang harus segera diatasi,” ungkapnya. (Ifand)

  • Mangap

    Jika tidak dilanjutkan bagaimana nasib urukan yang sudah jalan ? malahan jadi sesuatu yang tidak bermanfaat