Wednesday, 26 July 2017

Timses Anies-Sandiaga Laporkan Ahok-Djarot ke Bawaslu

Jumat, 16 Desember 2016 — 20:28 WIB
Ahok dan Djarot saat hadiri Maulud Nabi

Ahok dan Djarot saat hadiri Maulud Nabi

JAKARTA (Pos Kota) – Tim advokasi pasangan Calon Gubernur Anies Baswedan-Sandiaga Uno kembali melapor ke Bawaslu terkait pelanggaran yang dilakukan seterunya. Pasalnya, pasangan Ahok-Djarot dinilai mengiklankan kegiatan kampanye, dzikir akbar di media cetak harian “The Jak” terbitan Rabu(14/12) lalu.

Pelanggaran iklan tersebut, dinilai berisi imbauan mengenai kegiatan dzikir akbar yang akan dilakukan Minggu(18/12) adalah iklan. Terlebih, dalam iklan tersebut lengkap dengan foto pasangan calon dan tagline-nya.

Wakil Ketua Tim Advokasi Anies-Sandi, Yupen Hadi mengatakan, pelanggaran yang dilakukan oleh paslon Ahok-Djarot dinilai sudah kelewatan. Pasalnya ini pelanggaran yang dilakukan merupakan yang kedua kalinya, karena sebelumnya melakukan pelanggaran materi iklan di media sosial Facebook.

”Kami menduga pelanggaran ini dilakukan dengan sengaja, dan jelas paslon Ahok-Djarot mengabaikan aturan Pilkada,” katanya.

Dikatakan Yupen, dari pelanggaran yang dilakukan pasangan calon Gubernur Ahok-Djarot, telah melanggar UU no 10 pasal 65 ayat 1 dan 2 dan PKPU no 12 tahun 12 tentang iklan kampanye. Dimana hal itu melanggar ketentuan waktu, tempat kampanye, dan biaya kampanye, yang seharusnya ditetapkan KPU menggunakan APBD. “Dengan mereka beriklan di koran seperti itu, jelas memakai dana pribadi yang tidak diperbolehkan oleh aturan KPU,” tegasnya.

Karena hal tersebut merupakan pelanggaran kedua, kata Yupen, pihaknya berharap agar Bawaslu benar-benar menunjukkan intregitasnya untuk memberikan sanksi tanpa pandang bulu. Sebab, jika dibiarkan tentu akan menjadi pembelajaran politik yang buruk pada masyarakat. ”Siapapun yang melanggar harus menerima sanksi bahkan sanksi diskualifikasi,” tandas Yupen. (Ifand)

  • dana brahmana

    nah gini dong.. ada tindak tegasnya.. semoga bawaslu bisa tegas dengan peraturan yang telah di sepekati bersama.