Saturday, 22 September 2018

Soetrisno Bachir, Ikhlas Tak Terima Gaji

Sabtu, 17 Desember 2016 — 1:48 WIB
Soetrisno Bachir

Soetrisno Bachir

SEBAGAI khalifah, Abu Bakar, r.a tidak menerima gaji dari Baitul Mal (kas negara), dan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, ia berusaha dengan cara berdagang.
Ternyata dI era millenium sekarang ini, ada pejabat negara yang tidak menerima gaji, dan fasilitas lainnya. Dia adalah Ketua KEIN (Komite Ekonomi dan Industri Nasional) Soetrisno Bachir.

Ia tidak menerima gaji dan termasuk fasilitas lainnya seperti mobil dalam kapasitasnya sebagai pejabat negara. Setiap bulan gaji yang diterimanya, ia kembalikan kepada negara.

Pos Kota menerima kabar SB (panggilan akrabnya) tersebut dari orang dekatnya. SB sendiri saat dikonfirmasi hal tersebut awalnya menolak untuk menjelaskan terkait dirinya tidak menerima gaji, tapi akhirnya setelah didesak ia mau juga bercerita.
“Saya memang tidak menerima gaji setiap bulannya, karena gaji saya kembalikan lagi kepada negara,” terang SB yang juga pengurus PP Muhammadiyah yang menangani ekonomi.

SB juga bercerita bahwa perjalanan dinasnya ke daerah juga menggunakan uang sendiri. “Jadi saya tidak menerima apapun dari negara, termasuk fasilitas kendaraan,” papar SB yang ditemui Pos Kota di Kantor Presiden, belum lama ini.

SB yang mantan Ketua Umum PAN (Partai Amanat Nasional) itu menyatakan sikapnya tidak menerima gaji tersebut, tidak ada tujuan apapun kecuali hanya mengabdi kepada negara. “Saya bekerja ikhlas dan tulus untuk mengabdi kepada negara,” papar SB.

BERI MASUKAN

Tentang tugasnya sebagai ketua KEIN, SB menjelaskan KEIN itu memberikan masukkan kepada presiden, misalnya, menyangkut perekonomian negara.

“Jadi kami di KEIN itu memberikan masukkan kepada presiden,” papar SB.
Masukkan dari KEIN tersebut, lanjut SB, tetap User-nya presiden, bukan menteri. Ia mencontohkan masukkan tersebut, misalnya, bagaimana harga kebutuhan pokok masyarakat tidak naik.

“Jadi masukkan seperti itu, kami sampaikan kepada presiden, termasuk masalah perekonomian lainnya juga kami memberikan masukkan kepada presiden,” papar SB. (Johara)