Sunday, 23 July 2017

Jamu Arsenal, Manchester City Wajib Menang

Minggu, 18 Desember 2016 — 7:19 WIB
Pep Guardiola pelatih Manchester City (reuters)

Pep Guardiola pelatih Manchester City (reuters)

INGGRIS- Dua tim penghuni papan atas klasemen sementara Liga Primer Inggris, yakni Manchester City dan Arsenal akan sama-sama membidik tiga angka saat bentrok di Stadion Etihad, Minggu (18/12) malam WIB. Misi itu wajib dituntaskan oleh kedua tim demi mempertahankan posisi mereka dalam perburuan gelar Liga Primer, musim ini.

Kemenangan akan sangat penting bagi City mengingat mereka masih dalam ancaman penggusuran. Skuad asuhan Pep Guardiola itu mangkal di tangga keempat klasemen sementara dengan 33 poin. The Citizen hanya unggul tiga angka dari Tottenham Hotspur yang berada di urutan kelima atau batas akhir zona Eropa. Dengan kata lain, gagal meraih angka pada laga nanti, hanya akan membuat City kian tertinggal dari Chelsea di pucuk klasemen. Apalagi Spurs yang bakal menghadapi tim sekelas Burnley pada saat yang bersamaan di White Hart Lane, siap untuk menggantikan posisi City di jajaran empat besar.

“Sebenarnya, saya sedang beradaptasi dengan kualitas para pemain saya tapi bagaimana cara saya bermain, setiap hari yang saya lalui, saya ebih yakin dengan apa yang ingin saya lakukan. Saya sudah mengatakan bahwa saya tidak akan datang ke sini, jika saya tidak mampu mengatasi sejumlah ktitikan. Jadi sekarang ayo kita lihat apa yang akan menjadi perbedaan antara diri saya dengan Arsene Wenger (pelatih Arsenal). Laga ini akan benar-benar memperlihatkan letak perbedaan antara saya dengan dia dalam mengatasi semua kritikan,” tandas Guardiola menanggapi pernyataan Wenger, seperti dikutip The Mirror.

BELUM APA-APA

Sebelumnya, Wenger mengatakan bahwa kritikan yang mengarah kepada Guardiola dalam beberapa pekan terakhir, tidak ada apa-apanya jika dibandingkan saat pertama kali ia merumput di Liga Primer.

“Saat itu saya harus melihat beberapa surat kabar dan Anda akan melihat bahwa itu jauh lebih mudah hari ini bagi seorang pelatih asing. Saya akan mengatakan bahwa saat saya tiba di sini, itu sulit bagi pelatih asing. Hari ini, itu sulit bagi pelatih Inggris. Itulah yang telah berubah. Apakah saya terkejut dengan kritik pada Dia (Guardiola)? Ya, karena CV-nya sempurna dan tidak, karena ini memang bagian dari pekerjaan kami,” kata Wenger.

Kritikan kepada Guardiola datang setelah City menelan dua kekalahan telak secara beruntun usai takluk 1-3 dari Chelsea dan menyerah 2-4 dari Leicester City. Namun kemenangan atas Watford 2-0, Kamis (15/12) kemarin, adalah bukti bahwa Guardiola akan mampu meredam kritikan tersebut, termasuk saat menjamu Arsenal pada laga nanti.

Sayang, Guardiola dihadapkan pada pilihan yang tak ideal. Dirinya baru saja kehilangan gelandang andalannya, Ilkay Gundogan yang mengalami cedera saat melawan Watford. Namanya menyusul Vincent Kompany dan Fabian Delph yang lebih dahulu masuk meja perawatan. (junius)