Tuesday, 18 September 2018

UN Tetap Ada dan Jadi Salah Satu Penentu Kelulusan

Senin, 19 Desember 2016 — 21:56 WIB
Ujian-n1

JAKARTA (Pos Kota) –Rencana penghapusan Ujian Nasional (UN) batal. Usai rapat rapat terbatas, Presiden Joko Widodo tetap memberlakukan sistem UN dengan dengan beberapa catatan.

“Presiden telah memutuskan, Ujian Nasional tetap diadakan, dijalankan dengan berbagai penyempurnaan perbaikan,” kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung usai mengikuti rapat terbatas di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (19/12).

Sistem UN yang ada saat ini, kata Pramono, akan terus diperbaiki. Peningkatan kualitas guru yang sudah disertifikasi, lanjut Pramono, menjadi salah satu catatan pembenahan prioritas. “Itu harus dilakukan dari waktu ke waktu. Dengan demikian evaluasi terkait kinerja guru akan jelas,” kata Pramono.

Diharapkan, sistem UN bisa menjadi alat pendukung kemajuan siswa. Ujian sekolah ini juga akan dibarengi dengan kisi-kisinya secara nasional terhadap 4 mata pelajaran. UN tetap akan menjadi salah satu komponen yang menentukan kelulusan seorang siswa.

“Intinya yang saat ini berlaku, tetap diberlakukan,” ujar Pramono menjawab apakah UN akan menjadi faktor penentu kelulusan siswa.(*)