Thursday, 23 November 2017

Jokowi Resmikan Pos Lintas Batas Negara di Entikong

Rabu, 21 Desember 2016 — 20:03 WIB
Presiden Jokowi meresmikan  Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Entikong, Kalimantan Barat

Presiden Jokowi meresmikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Entikong, Kalimantan Barat

JAKARTA (Pos Kota) – Presiden Jokowi meresmikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Entikong, Kalimantan Barat, Rabu (21/12). Pos ini memisahkan antara Indonesia dan Malaysia.

“Sudah berapa puluh tahun bangunan ini tidak pernah disentuh apapun? Saat itu juga saya perintahkan Kementerian Pekerjaan Umum. Saya minta bangunan ini segera diruntuhkan,” terang Jokowi.

entikong

PLBN Entikong bukanlah satu-satunya PLBN yang dibangun kembali oleh pemerintah. Setidaknya terdapat enam PLBN lainnya yang juga dibangun kembali oleh pemerintah. Kesemua PLBN itu diketahui siap untuk diresmikan pada akhir tahun ini.

Menurut Jokowi, pembangunan kembali PLBN Entikong dan PLBN lainnya, bukanlah semata-mata untuk sekedar menunjukkan kemegahan bangunan semata, namun utamanya jelas untuk menunjukkan kemampuan dan kebanggaan dari bangsa Indonesia.

“Ini masalah kebanggaan, masalah nasionalisme, masalah martabat dan harga diri kita. Kalau saya tidak mau seperti itu. Di sana saya bisa melihat, yang di sebelah sangat megah, yang di kita sangat jelek sekali. Saat itu juga saya perintahkan Menteri PU seminggu harus diruntuhkan,” papar Jokowi.

Dikatakan Kepala Negara, ada tujuh pos lintas batas yang kita bangun. “Asal punya niat, asal ada kemauan pasti bisa. Tidak ada yang tidak bisa kita buat,” tambah Jokowi.

Jokowi dengan selesainya pembangunan PLBN ini untuk segera menggerakkan roda perekonomian di kawasan tersebut. Untuk itu, di sekitar PLBN tersebut, Jokowi meminta agar dibangun pasar untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat.

‪”Nanti kalau tambah pasar yang besar di situ sudah ada pergerakan ekonomi. Saya kira inilah manfaat yang kita dapatkan dari adanya perbatasan di Entikong ini sebagai kawasan terdepan kita,” ucap Jokowi.

Dalam acara itu, Presiden didampingi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo di antaranya Menteri Koordinator bidang Pembangunam Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil dan Gubernur Kalimantan Barat Cornelis.(Johara)